Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Mixed TPACK Terhadap Hasil Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Rata-rata hasil belajar kognitif, afektif, serta psikomotorik IPA siswa kelas V UPT SDN 142 Inpres Lassang II setelah penerapan pembelajaran dengan Pendekatan Berdiferensiasi Mixed TPACK; (2) Penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi mixed TPACK terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V UPT SDN 142 Inpres Lassang II; (3) Penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi mixed TPACK terhadap hasil belajar afektif IPA siswa kelas V UPT SDN 142 Inpres Lassang II; (4) Penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi mixed TPACK terhadap hasil belajar psikomotorik IPA siswa kelas V UPT SDN 142 Inpres Lassang II. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pra-eksperimental menggunakan metode one shot case study. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa UPT SDN 142 Inpres Lassang II di Kabupaten Takalar. Teknik sampling yang digunakan merupakan teknik purposive sampling. Siswa kelas V UPT SDN 142 Inpres Lassang II dijadikan sebagai subjek penelitian. Kelas V yang berjumlah 13 siswa merupakan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen test untuk mengukur hasil belajar kognitif, dan instrumen non test berupa lembar observasi digunakan untuk mengukur hasil belajar afektif dan psikomotorik. Teknik analasis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian pada UPT UPT SDN 142 Inpres Lassang II menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar kognitif yaitu sebesar 61,54 dengan kategori sedang, Rata-rata hasil belajar afektif sebesar 79,49 dengan kategori tinggi, serta Rata-rata hasil belajar psikomotorik sebesar 94,44 dengan kategori sangat tinggi setelah penerapan pembelajaran dengan Pendekatan Berdiferensiasi Mixed TPACK; (2) Penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi mixed TPACK tidak meningkat secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V UPT UPT SDN 142 Inpres Lassang II dibuktikan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,285 yang lebih besar dari 0,05 ; (3) Penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi mixed TPACK meningkat secara signifikan terhadap hasil belajar afektif IPA siswa kelas V UPT UPT SDN 142 Inpres Lassang II dibuktikan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,01 yang lebih kecil dari 0,05; (4) Penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi mixed TPACK meningkat secara signifikan terhadap hasil belajar psikomotorik IPA siswa kelas V UPT UPT SDN 142 Inpres Lassang II dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,02 lebih kecil dari 0,05.
References
Hamid, A., Elisa, E., & Irmayuandari, A. (2023). Guided Inquiry Model Assisted with TPACK Strategy Influence Students Learning Outcomes. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 16(2), 105-111. https://doi.org/10.37729/radiasi.v16i2.3263
Hayati, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar dengan Pendekatan TPACK pada Pembelajaran IPA. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(4), 477–483. https://doi.org/10.51878/SCIENCE.V2I4.1764
Hidayat, N., Ruhiat, Y., Anriani, N., & Suryadi, S. (2024). The Impact of Differentiated Learning, Adversity Intelligence, and Peer Tutoring on Student Learning Outcomes. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 5(3), 537-548. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i3.586
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31–39. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/jrpd/article/view/16045
Irawan, A. F. (2022). Efektivitas Pendekatan TPACK Terhadap Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 985–990. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/422
Laila, I., Pariati, E., & Widyati, E. (2024). Pengembangan Tes-tes Hasil Belajar. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(2), 12–25. https://doi.org/10.47861/JDAN.V2I2.1139
Lekitoo. J. N. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Ambon Pada Materi Irisan Kerucut Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Media Pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) Berbantuan Software Geogebra. JUPITEK, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti. Vol. 1 No. 1, hal 44-56
Mandailina, V., Oktyawati, M., Rinjayani, D. L. N., Hartika, L., & Hikmah, W. L. (2024). Application of the TPACK approach to improve science learning outcomes in grade VI elementary school. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 8(1), 41-52.
Miqwati, M., Susilowati, E., & Moonik, J. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 30–38. https://doi.org/10.33830/PENAANDA.V1I1.4997
Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6167–6180. https://doi.org/10.23969/JP.V8I1.8880
Puteri, F. N. R. R., & Alfiansyah, I. (2023). Analysis of Differentiated Learning Strategies on Student Learning Outcomes. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 131-143.
Ratumanan, T. G., & Laurens, T. 2015. Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan Edisi Ke 3. Yogyakarta: Pensil Komunika.
Safarati, N., & Zuhra, F. (2023). LITERATURE REVIEW: PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH MENENGAH. Jurnal Genta Mulia, 14(1). https://doi.org/10.61290/GM.V14I1.17
Safitri, J., Sugiharta, R., & Rachma, K. (2021). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPACK. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin, 4(0). https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/175
Samawati, Z., Rachmadiarti, F., & Susananingsih, D. E. (2023). Implementation of PBL Model with Differentiated Learning to Improve Students' Motivation and Cognitive Learning Outcomes on Evolution Material. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 7(2), 197-210.
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/JPPI.V1I2.39
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/JJP.V2I04.301
Copyright (c) 2024 Rifda Mardian Arif, Rifda Nur Hikmawati Arif, Muhammad Farid, Awaliyah Ramadhani Hidayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.