Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Guru Fisika Ditinjau Dari Latar Belakang Akademik

  • Rifda Nurhikmahwati Arif Universitas Negeri Makasar
  • Rifda Mardian Arif Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pembelajaran, Kinerja Guru, Akademik Guru

Abstract

               Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru fisika di SMA di Banjarmasin pada aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan mengambil 20 guru fisika dari seluruh SMA Negeri di Banjarmasin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif terkait dengan hasil wawancara dan observasi.

               Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja guru fisika SMA di Banjarmasin adalah sebagai berikut. Pada aspek perencanaan pembelajaran dikategorikan cukup. Pada aspek pelaksanaan pembelajaran dikategorikan baik. Selain itu, guru fisika dengan latar belakang akademis yang lebih tinggi memiliki kinerja yang lebih baik daripada guru dengan latar belakang akademis yang lebih rendah

References

Awe, E.Y., Dantes, N., & Lasmawan, I.W. (2014). Hubungan antara kualifikasi akademik, kompetensi, motivasi kerja dengan kinerja guru Sekolah Dasar (SD) di kecamatan Bajawa kabupaten Ngada. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4.
Azizah, R. P., & Rizal, Y., & Samsi. (2014). Pengaruh pengawasan, kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru pada guru sertifikasi. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Ball, D. L. & Forzani, F.M. (2010). The work of teaching and the challenge for teacher education. Journal of Teacher Education. 60(5) 497-511.

Bulunuz, M., & Jarett, O.S. (2010). Developing an interest in science: background experiences of preservice elementary teachers. International Jounal of Enviromental & Science Education. Vol. 5, No. 1, 65-84.

Carudin. (2011). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru.

Dane, F.C. (2011). Evaluating research methodolgy for people who need to read research. Thousands Oaks: SAGE Publication, Inc

Daryanto. (2013). Standar kompetensi dan penilaian kinerja guru profesional. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Ekundayo, H.T. & Kolawole, A.O. (2013). Stress among secondary school teachers in Ekiti State, Nigeria. Journal of Educational and Socil Research, Vol. 3(2), ISSN 2239-978X.

Flores, M.A. (2010). Teacher performance appraisal in portugal: the (im) possibilities of a contested model. Mediterranean Journal Of Educational Studies, Vol. 15(1), pp 41-60.

Goldstone, J. M, & Downey. L. (2013). Your Science Classroom Becoming an elementary/middle school teaacher. Thousands Oaks: SAGE Publication, Inc

Hamid, A. A. (2011). Pembelajaran fisika di sekolah. Yogyakarta: P2IS FMIPA-UNY

Hamid, S.R., Hassan, S.S.S., & Ismail, N.A.H. (2012). Teaching quality and performance among experienced teachers in Malaysia. Australian Journal of Teacher Education, Vol 37, Issue 11.

Hammond, L.D. (2010). Evaluating teacher effectiviness. Center for American Progress.

Hilal, A.H. (2012). Teacher performance evaluation in Oman as perceived by evaluators. International Interdisciplinary Journal Of Education, Vol. 1. Issue 10.

Hussain, A., Azeem, M., & Shakoor. A. (2011). Physics teaching methods:scientific inquiry vs traditional lecture. International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 1, No. 19.

Khalid, A., Yasmin, S., & Azeem, M. (2011). Impact of teacher’s background and behavior on students learning. International Journal of Human Resource Studies, Vol. 1, No. 2.

Khan, A., Shah, I.M., Khan, S., & Gul, S. (2012). Teachers’ stress, performance & resources on stress & performance. International Review Of Social Sciences and Humanities, Vol. 2, No. 2, pp-21-29.

Klassen, R.B. (2010). Effect on trachers’ self-efficacy and job satisfaction: teacher gender, years of experience, and job stress. Journal of Educational Physology, Vol. 102, No. 3, 741-756.

Mulyasa. (2013). Menjadi guru profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Uji kompetensi dan penilaian kinerja guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munasifah. (2010). Pengaruh kreativitas dan kesejahteraan guru terhadap kinerja guru PAI di SMA se kabupaten Pekalongan. Tesis. Magister, tidak diterbitkan, Institut Agama Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Mundilarto. (2010). Penilaian hasil belajar fisika. Yogyakarta: P21s JURDIK Fisika FMIPA UNY

Nadeem, M., Rana, M.S., Lone, A.H., Maqbool, S., Naz, K., & Ali. A. (2011). Teacher’s competencies and factors affecting the performance of female teachers in bahawalpur (southern Punjab) Pakistan. International Journal of Business and Social Science, Vol. 2, No. 19.

Nurfuadi. (2012). Profesionalisme guru. Purwokerto: Penerbit STAIN Press.

Owolabi, O, T. & Adedayo, J.O. (2012). Effect of teacher’s qualification on the performance of senior secondary school physics students: implication on technology in Nigeria. Journal English Languange Teaching. Vol. 5, No.6.
Ozkan, G., & Selcuk, G. S. (2012). How effective is “conceptual change approach” in teaching physics?. Journal of Educational And Instructional Studies In The World, Vol. 2, Issue 2.

Serdyukov, P. & Ferguson, B. T. (2011). Teacher dispositions: what kind of candidates do we have in a teacher preparation program, and how can we make them better? Journal of research in innovative teaching. Vol 4 Issue 1.

Sukmadinata, N.S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung. PT. Rosdakarya.

Sumarno. (2009). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di kecamatan paguyangan kabupaten Brebes. Tesis magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Supardi. (2014). Kinerja guru. Jakarta: Rajawali Pers.

The Association for science education. Science education in schools issues, evidence and proposals.

Usman, M. U. (2013). Menjadi guru profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Usop, A.M., Askandar, K., Kadtong, M.L., & Usop, D.A S.O. (2013). Work performance and job satisfaction among teacher. International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 3, No. 5.

Wenning, C.J. (2011). Experimental inquiry in introductory physics courses. Journal of Physics Teacher Education Online, Vol. 6, No. 2.
Published
2021-04-23
How to Cite
Arif, R. N., & Arif, R. M. (2021). Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Guru Fisika Ditinjau Dari Latar Belakang Akademik. PEDAGOGIKA, 12(1), 93-105. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.350
Section
Articles