Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Interaktif IPAS (ULTRAS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar

  • herawati lamada Universitas Negeri Gorontalo
  • Gamar Abdullah Universitas Negeri Gorontalo
  • Rifda Mardian Arif Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Haris Panai Universitas Negeri Gorontalo
  • Vicka Muniati Arifin Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Hasil Belajar, Sekolah Dasar, Ular Tangga Interaktif IPAS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran ULTRA (Ular Tangga Interaktif IPAS) yang memenuhi kriteria kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas dalam pembelajaran IPAS guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas V SDN 1 Suwawa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE, yang mencakup tahap analysis, design, development, Implementation, dan Evaluation. Kelayakan media ULTRA diuji melalui validasi oleh tim ahli. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini memperoleh rata-rata persentase sebesar 96,87%, yang dikategorikan sebagai sangat layak digunakan oleh guru dan siswa di SD. Untuk menguji kepraktisan, peneliti menggunakan lembar observasi guru, yang menunjukkan total skor 39 dari skor maksimal 40, dengan rata-rata persentase kepraktisan mencapai 97,5%, masuk dalam kategori sangat praktis. Dalam aspek efektivitas, penerapan media di kelas V SDN 1 Suwawa diukur melalui pretest dan posttest. Hasilnya, rata-rata nilai pretest sebesar 46,5% meningkat menjadi 86% pada posttest, dengan selisih peningkatan sebesar 39,5%. Tingkat efektivitas media ULTRA berdasarkan perhitungan mencapai 73,55%, menunjukkan bahwa media ULTRA termasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil ini, media ULTRA terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan layak digunakan dalam pembelajaran di SD.

References

Abdullah, G., Monoarfa, F., Ilham, A., & Rivai, S. 2024. Pendampingan Sekolah Ramah Anak Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Sejak Dini. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 5(1). 2384.
Ahyar, D. B., Prihastari, E. B., Setyaningsih, R., Rispatiningsih, D. M., Zanthy, L. S., Fauzi, M., & Kurniasari, E. 2021. Model-Model Pembelajaran. Pradina Pustaka. Jawa Tengah.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Amara, I., Panai, A. H., & Arifin, I. N. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Materi Panas Dan Perpindahannya Di Kelas V SDN 1 Anggrek. Innovative: Journal Of Social Science Research. 3(2). 2-17
Amirono, dan Daryanto. 2016. Evaluasi & Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Gava Media. Yogyakarta.
Aprsilia, F., Saleh, M., Arifin, I. N., & Arifin, V. M. 2024. Penerapan Strategi Pembelajaran Physical Self Assesmemt (PSA) Dikombinasikan Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 7 Kelas V Di SDN 87 Sipatana Kota Gorontalo. Student Journal of Elementary Education. 3(1). 28-40.
Ardiningsih, D. 2019. Pengembangan game kuis interaktif sebagai instrumen evaluasi formatif pada mata kuliah teori musik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 6(1). 95-111
Aoliyah, N. 2023. Penggunaan Teknik Game-Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah dan Dampaknya Terhadap Minat Belajar Siswa. Kala Manca: Jurnal Pendidikan Sejarah. 11(1). 32-48.
Chotib, S. H. 2018. Prinsip Dasar Pertimbangan Pemilihan Media Pembelajaran. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 1(2). 110-111.
Dakhi, A. S. 2020. Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development. 8(2). 468-490.
Ekayani, P. 2017. Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. 2(1). 7-24.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. 2023. Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research. 1(2). 8-24.
Hadi, H., dan Agustina, S. 2016. Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Educatio. 11(1). 94-96.
Hake, R. 2002. Lessons From The Physics Education Reform Effort. ‖ Ecology and Society. 5(2). 12-29.
Hanafi, H. 2017. Konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman. 4(2). 130-131.
Handayani, S. 2019. Buku model pembelajaran speaking tipe stad yang interaktif fun game berbasis karakter. Uwais Inspirasi Indonesia. Sidoharjo.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., & Indra, I. 2021. Media Pembelajaran. Tahta Media Group. Klaten.
Herlina, V. 2019. Panduan praktis mengolah data kuesioner menggunakan SPSS. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Hilman, I., & Dewi, S. Z. 2021. The analysis of primary school teachers ability in the application of ICT-based learning media in Tarogong Kidul District. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 5(2). 755.
Ibam, E., Adekunle, T., & Agbonifo, O, 2018. A Moral Education Learning System Based on the Snakes and Ladders Game. EAI Endorsed Transactions on E-Learning. 5(17). 1–9
Ibrahim, R. N. A., Saleh, M., & Arif, R. M. 2024. Pengaruh Penggunaan Model Project based learning Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Cokroaminoto Journal of Primary Education. 7(2). 207-211.
Ilham, A., Rivai, S., Abdullah, G., & Basalamah, N. 2023. Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Di SDN 2 Telaga Jaya. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian. 3(4). 902-912.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. 2018. Manfaat media dalam pembelajaran. Axiom: jurnal pendidikan dan matematika. 7 (1). 94-108
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. 2020. Media pembelajaran matematika konkret versus digital: Systematic literature review di era revolusi industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika. 3(2). 150-162.
Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. 2014. Academic achievement prediction: Role ofinterest in learning and attitude towards school. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE). 1(11). 73-100.
Kurniawan, A. W. 2021. Konsep penelitian pengembangan dalam praktik pembelajaran pendidikan jasmani. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 20(2).107-109.
Ladyawati, E., & Rahayu, S. 2022. Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Literasi dan Numeari Sebagai Penguat AKM. Jurnal Cendekia. 6(2). 1439.
Maisarah. 2023. Media Pembelajaran. PT Sada Kurnia Pustaka. Banten.
Marâ, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. 2019. Pengembangan media pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha. 7(3). 259.
Maulida, N. N., Sukadi, S., & Rahayu,S. 2022. Effectiveness of The Implementation Game Based Learning in Increasing Student Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan. 22(3). 252–265.
Miftah, M. 2013. Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan. 1(2). 97-99.
Miftah, M., & Rokhman, N. 2022. Kriteria pemilihan dan prinsip pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 1(4). 415-423.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. 2021. Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal. 2(1). 50-62.
Mujianto, G. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi Pada Peserta Didik Kelas X Sman 7 Malang Dengan Model Pembelajaran Integratif. JINoP: Jurnal Inovasi Pembelajaran. 5(1). 47-59.
Mumtahanah, N. 2014. Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran PAI. AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman. 4(1). 97-123.
Mustafa, P.S. & Roesdiyanto, R. 2021. Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme melalui Model PAKEM dalam Permainan Bolavoli pada Sekolah Menengah Pertama. Jendela Olahraga. 6(1). 54-71.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. 2020. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika. 2(1c). 660-671.
Nugroho, Puspo. 2015. Pandangan Kognitifisme Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 3(2). 290-300.
Nurdyansyah, N. 2019. Media pembelajaran inovatif. UMSIDA Press. Jawa Timur.
Nurhadi, N. 2020. Teori Kognitivisme serta Aplikasinya dalam Pembelajaran. Edisi: Jurnal Edukasi dan Sains. 2(1). 81-95.
Nur Kumala, F. 2016. Pembelajaran Ipa Sd. Ediide Infografika. Malang.
Nurfadhillah, S. 2021. Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher). Jawa Barat.
Nurrita, T. 2018. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat. 3(1). 171-173.
Permana, N. S. 2022. Game Based Learning Sebagai Salah Satu Solusi dan Inovasi Pembelajaran Bagi Generasi Digital Native. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik. 22(2). 316.
Piaget, J. 1972. Intellectual evolution from adolescence to adulthood. Human Development. 15(1). 1-12.
Prameswara, A. Y. 2023. Upaya Meningkatkan Keaktifan dan hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDK Wignya Mandala Melalui Pembelajaran Kooperatif: Indonesia. Sapa: Jurnal Kateketik dan Pastoral. 8(1). 2-14.
Pratiwi, A. S., & Hardini, A. T. A. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 5(12). 5688.
Pribadi, B. A. 2017. Media & teknologi dalam pembelajaran. Prenada Media. Jakarta.
Pribowo, F. S. P. 2018. Pengembangan Instrumen Validasi Media Berbasis Lingkungan Sekitar. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. 18(1). 6-17.
Puspasari, R., dan Suryaningsih, T. 2019. Pengembangan Buku AjarKompilasi Teori Graf Dengan Model ADDIE. Journal of Madives. 3(1). 141-150.
Putra, R. A., Cumalasari, E. I., Fusianita, R. L., & Hidayati, F. 2024. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan (Game Based Learning) Materi Sistem Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 9(04). 750-761.
Putra, L. D., & Pratama, S. Z. A. 2023. Pemanfatan media dan teknologi digital dalam mengatasi masalah pembelajaran. Journal Transformation of Mandalika. 4(8). 324-331.
Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. 2022. Analisis pengaruh pembelajaran menggunakan media interaktif terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora. 2(2). 371-382.
Putri, I. T., Aminoto, T., & Pujaningsih, F. B. 2020. Pengembangan e-modul fisika berbasis pendekatan saintifik pada materi teori kinetik gas. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika. 5(01). 54-63.
Riyana, C. 2012. Media Pembelajaran. KEMENAG RI. Jakarta.
Rizal, S. U., dkk. 2016. Media Pembelajaran. CV. Nurani. Bekasi.
Salam, N., Safei, S., & Jamilah, J. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Pada Materi Sistem Saraf. Jurnal Al-Ahya. 1(1), 66-78.
Rosidah, A. 2016. Penerapan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas. 2(2). 124-131.
Saleh, S. 2017. Analisis Data Kualitatif (H. Upu, Ed.). Pustaka Ramadhan. Bandung.
Santrock, John W. 2022. Life-Span Development, Perkembangan Masa Hidup: Jilid I. Jakarta: Erlangga
Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. 2021. Mengukur keefektifan teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI). 4(1). 29-36.
Sudarmono, S., Hasibuan, L., Us, K. A., & Menengah, S. 2021. Pembiayaan pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial. 2(1). 266-281.
Susilowati, D. 2023. Peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui implementasi metode eksperimen pada mata pelajaran ipas. Khazanah Pendidikan. 17(1). 189-212.
Tafonao, T. 2018. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan. 2(2). 103-115.
Wati, A. 2021. Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1). 71-81.
Wijayanti, I., & Ekantini, A. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8(2). 2101-2106.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. 2023. Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education. 5(2). 3931-4001.
William, D. D., & Owens, D. L. (2004). Model pengembangan ADDIE. Bandung: Alfabeta.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka. Kolaka.
Published
2025-10-08
How to Cite
lamada, herawati, Abdullah, G., Arif, R. M., Panai, A. H., & Muniati Arifin, V. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Interaktif IPAS (ULTRAS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar . PEDAGOGIKA, 16(2), 230-245. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v16i2.3772