KENDALA GURU DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN MATEMATIKA AWALPADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PROVINSI BANTEN

  • Irma Yuliantina - STKIP PANCASAKTI BEKASI
Keywords: kemampuan matematika awal, pengetahuan guru, kurikulum

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kendala guru dalam menstimulasi  kemampuan matematika awal anak-anak umur 4- 5 tahun di Provinsi Banten, Indonesia.Kemampuan matematikaawal anak-anak umur 4-5 tahun diukur menggunakan instrumen yang memenuhi persyaratan paktikalitas, reliabilitas dan validitas. Instrumen tersebut digunakan juga untuk mendeskripsikan  kendala anak-anak untuk mencapai kemampuan matematika awal. Kemampuan matematika awal anak-anak umur 4-5 tahun diukur secara kuantitatif dengan fokus pengukuran pada tendensi sentral dan dispersi.Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan matematika awal anak-anak umur 4-5 tahun di Provinsi Banten, Indonesia telah meliputi ke-sembilan aspek. Kendala yang dihadapi anak dalam mencapai kemampuan matematika awal bersumber dari terbatasnya kemampuan guru tentang kemampuan matematika awal, kemampuan guru hanya bisa melaksanakan kegiatan pembelajaran secara konvensional, dan pengetahuan guru yang terbatas tentang pengetahuan dan pengalaman dalam mengembangkan kurikulum nasional. Implikasi temuan penelitian ini adalah untuk menyempurnakan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran matematika awal pada anak-anak umur 4-5 tahun, meningkatkan pemahaman tentang pengembangan kurikulum agar guru mejadi produktif dan kreatif dalam mengimplementasikan kurikulum, dan meningkatkan kompetensi pedagogis guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran melalui kegiatan bermain kreatif dan edukatif dengan cara eksplorasi sumber belajar dan media yang tersedia dalamlingkungan belajar anak. Guru harus dapat mengembangkan kompetensi pedagogis dalam menstimulasi kemampan matematika awal anak-anak umur 4-5 tahun di Provinsi Banten, Indonesia.

References

A. Muri Yusuf,Asesmen dan Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Predana Mediagroup, 2015.

Ary, Donald Lucky Cheser Jacobs dan Asghar Razavieh. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, terjemahan Arif Furchan. Surabaya: Usaha Nasional, 1982.
Anne Anastasi, Psycological Testing and Assesment. New York: Macmillan Publishing Company, 1988.

Austin Bev dan Kearns Karen, Birth to Big School,Australia: Pearson 2010.

Carol E Catron dan Jan Allen, Early Childhood Curriculum Second Edition, New Jersey: Merril, 1999.

Carol Seefeldt , Barbara A.wasik, Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima TahunMasuk Sekolah, Jakarta:Indeks, 2008.

David F Bjorklund, Childrens Thinking Cognitive Development And Individual Differences, USA: Wadsworth, 2012.

Djaali dan Pudji Muljono. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2008.
Diane E. Papalia, Sally Wendkos Olds, Ruth Duskin Feldman, Human Development .New York: McGraw-Hill, 2009.
Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press, 2012.

Elis ratna wulan dan H.A rusdiana, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Elizabeth B Hurlock, Psikologi Perkembangan, Jakarta:Erlangga,1980. Edisi Kelima
F.J Monks, A.M.P.Knoers dan Siti Rahayu Haditono, Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya, Gadjah Mada University Press: Yogyakarta, 2006. ( Buku Asli ONTWIKKELINGS PSYCHOLOGIE, Inleiding tot de verchillende deelgebieden, 1982).
Farida Yusuf Tayibnapis, Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi Untuk Program Pendidikan dan Penelitian, Rineka Cipta: Jakarta, 2008.

George S. Morrison, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Indeks: Jakarta, 2012. Cetakan asli : Fundamentals of Early Chilhood Education, 5th edition: (Pearson: New Jersey, 2008)

Hamzah, Herminanto Sofyan dan I Made Candiasa, Pengembangan Instrumen Untuk Penelitian . Jakarta: Delima Press, 2001.

Hamid Darmadi, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011.

Herry Widyastono dan Sulistiyo, Kompetensi Pedagogik Untuk Peningkatan dan penilaian Kinerja Guru dalam Rangka Implementasi kurikulum Nasional. Sidoarjo : Genta group, 2016.


Hilda L.Jackman, Early Education Curriculum. USA: Delmar,2009. h.87

Herwindo heriwibowo, Buletin Pengujian dan penilkaian Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1996

Janice J. Beaty, Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Ketujuh. Jakarta: Kencana, 2013 (Diterjemahkan dari buku aslinya Observing Development Of The Young Child: Seventh Edition: Pearson Education,Inc).

John W. Santrock, Perkembangan Anak,Edisi Kesebelas. Jakarta: Erlangga, 2002.

Jhonh Creswell, Educational Reasearch, Planning, Conductioning and Evaluating Quantitativeand Qualitative Reseach, Boston: Pearson, 2012.

John Creswell, Riset Pendidikan Perencanaan, pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif Edisi Kelima. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015. (Diterjemahkan dari EDUCATIONAL RESEARCH , Planing, Conducting, and Evaluating Quantitative, Pearson Education Inc, 2015)

James H.Mc Millan dan Sally Schumacher, Research In Education (Penelitian Dalam Pendidikan), New York, San Francsco: Addison Wesley Longman,INC,
J Tombokan R, Selpius K, Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Kesulitan Belajar, Yogyakarta: Ar-ruzz-Media, 2013.

Karen Kearns, Frameworks For Learning And Development, Australia: Pearson, 2010.

K. Eileen Allen dan Lynn R Marotz, Profil Perkembangan Anak Prakelahiran Hingga Usia 12 Tahun Edisi 5 , Indeks: Jakarta,2010. Dari cetakan Asli: Developmental Profiles: Pre-Birth Through Twelve, 2008.

Lewis R Aiken, Psikologi Testing And Assesment. Boston: Allyn And Bacon, 1994.

Martini Jamaris, Orientasi Baru dalam Psikologi Perkembangan , Jakarta: Penamas Murni, 2010.

Michael H walizer dan Pal L Wiener. Metode dan Analisis Penelitian Mencari Hubungan. Terjemahan Arief Sukadi Sadiman . Jakarta: Erlangga, 1991.

Myrnawati, Metodologi Penelitian Untuk Pemula. Jakarta: FIP Press, 2015.
M. David Miller, Robert L.Linn, dan Norman E., Gronlund, Measurement and Assesment in Theaching. New Jersey: Pearson Education Inc.,2009.

Nana Syaodih Sukmawinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Rosda, 2011.

Neil J Salkind, Teori Perkembangan Manusia. Bandung: Nusa Media, 2009.

Norma E Gronlund, Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Mc Millan, Inc, 1990.

Norman E Gronlund dan Robert L Linn, Measurement and Evaluation in Teaching.New York: Macmillan Publishing Company, 1990.

Robert E Ebel dan David AFrisbie, Essesntials Of Educational Measurment. New Jersey: Prentice Hall, Eaglewood Cliffs,1999.

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru- Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta, 2011.

Saifuddin Azwar, Tes Prestasi: Fungsi dan Pengukuran Prestasi Belajar , Yogayakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Saifuddin Azwar, Reabilitas dan Validitas, Interpretasi dan Komputasi. Yogyakarta: Liberty, 1986.
Saifuddin Azwar, Reabilitas dan Validitas Edisi 4, Pustaka pelajar: Yogyakarta, 2015
Sudarwan Danim, H.Khairil, Psikologi Pendidikan (Dalam Perspektif Baru), Bandung:Alfabeta, 2010.

Sue C Wortham, Assessment in Early Chilhood Education 4 th Edition, Ohio: Pearson, 2005.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2008
Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi (Dilengkapi dengan Metode R&D), Bandung: Alfabeta, 2012.
Susan Feez, Montessori and Early Chilhood, London : SAGE Publication,Ltd
Sumadi, Suryabrata, Pengembangan Alat Ukur Psikologis,Jakarta:Ditjen Dikti,1998

T. Sianipar, Metodologi Penelitian, Kuantitatif dan Kualitatif Konsep, Prinsip dan Aplikasi, Jakarta: Lembaga Manajemen UNJ, 2007

Walter Dick, Low Carey dan James O.Carey, The Systematic Design Of Instruction, Seventh Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.,2009

William Crain , Teori Perkembangn Konsep dan Aplikasi, Edisi Ketiga, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

W Jame Phopam, Modern Educational Measurement. Eaglewood Cliff: Prentice-Hall,Inc, 1982.

Yudrik Jahja, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana, 2011
https://www.researchgate.net/post/What_is_the_best_available_tool_to_measure_early_childhood_cognitive_development_in_developing_countries
kbar-iskandar.blogspot.co.id/2012/12/cara-manual-analisis-validitas-butir_11.html
http://www. sagepub.com/journalsPermissions.nav ttp://jpa.sagepub.com

http://schools.nyc.gov/NR/rdonlyres/8C3AD610-080D-48E4-BFC4 A35C772F7D2/0/ECAMManual_V15_WEB.pdf
http://ncca.ie/en/Publications/Reports/NCCA_Research_Report_17.pdf
http://schools.nyc.gov/NR/rdonlyres/8C3AD610-080D-48E4-BFC4-CA35C772F7D2/0/ECAMManual_V15_WEB.pdf

Research and Practice in the Field of Early Mathematics Learning.” (November 2013). Getting on Track Early for School Success : www.norc.org/gettingontrack

Math and Science in Early Childhood CDEC 2307 Nita Thomason Ed.D
Children thinking mathematically: PSRN essential knowledge for Early Years practitioners The Department for Children, Schools and Families First published in 2009 Ref: 00861-2009BKT-EN,

Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. Math & Science and the Young Child. (Belmont, CA.: Wadsworth/Cengage Learning, 2010)
Published
2020-02-11
How to Cite
-, I. Y. (2020). KENDALA GURU DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN MATEMATIKA AWALPADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PROVINSI BANTEN. PEDAGOGIKA, 9(2), 207-220. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i2.39
Section
Articles