Strategi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa

  • Lidia Lidia Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muara Enim
  • M. Erham Efendi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muara Enim
  • Nazarudin Hamka Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muara Enim
  • Ranjes Agustri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muara Enim
  • Muhammad Idrus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muara Enim
  • Winsidi Winsidi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muara Enim
  • Shabran Shabran Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muara Enim
  • Muhammad Zamzam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muara Enim
  • M Rizki Hidayatullah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muara Enim
  • Dahirin Dahirin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muara Enim
Keywords: Strategi Pedagogik, Guru, Partisipasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pedagogik yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa di SDN 01 Tanjung Enim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data, yakni pengumpulan data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan berbagai strategi, seperti diskusi kelompok, simulasi ibadah, penggunaan media digital, pembelajaran berbasis proyek, dan pendekatan naratif melalui kisah-kisah nabi. Strategi ini mampu menciptakan suasana pembelajaran yang kontekstual, menyenangkan, dan membangun keterlibatan siswa secara aktif. Selain itu, pendekatan humanis dan kolaborasi dengan orang tua turut memperkuat hasil pembelajaran. Dengan demikian, strategi pedagogik yang inovatif dan adaptif dapat meningkatkan partisipasi serta pemahaman keagamaan siswa secara menyeluruh

References

Al-Attas, S. M. N. (2019). Islam and secularism. ISTAC.
Anwar, M. (2021). Model-Model Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Kencana.
Choirunniswah, Ibrahim, & Febriyanna, T. (2024). PELAKSANAAN SISTEM MUTASI PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Jolas, 4(4), 624–631.
Fitriyah, L. (2020). Peran kepercayaan guru dalam meningkatkan motivasi keagamaan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 45–56. https://doi.org/10.21043/jpai.v7i1.8934
Hamid, A. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan Sdn 007 Panipahan Darat. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2), 277. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4598
Hasan, M. (2019). Peran keluarga dalam pendidikan agama anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(2), 102–110. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).2940
Hasan, S. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam. Remaja Rosdakarya.
Hidayat, A. (2021). Strategi pembelajaran berbasis praktik untuk meningkatkan pemahaman ibadah siswa SD. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 87–99. https://doi.org/10.21043/jpiaud.v6i2.11889
Hidayat, R. (n.d.). Pembelajaran PAI Berbasis Pengalaman di Sekolah Menengah. *Jurnal Pendidikan Agama Islam*, 9(2), 115–129.
Hidayat, R. (2021). Inovasi Strategi Pedagogik Guru PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 65–78.
Hidayatullah, F. (2018). Transformasi nilai dalam pendidikan agama Islam. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 112–123. https://doi.org/10.29313/tadrib.v6i2.6153
Huda, M., & Ramadhan, A. (2020). Strategi pembiasaan nilai-nilai keislaman dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 58–69. https://doi.org/10.21043/jpi.v6i1.8902
Ibrahim. (2021). Pelaksanaan Supervisi Kinerja Guru di SMP IT Izzuddin Palembang. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 7(2), 13–25.
Ibrahim, Niswah, C., & Efendi, A. (2024). Pelaksanaan Pelayanan Publik di Kantor Desa Karang Anyar Kecamatan Semendawai Timur. 12(April), 31–39. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/download/1116/925
Isnaini, N., & Ainiyah, N. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis nilai karakter di sekolah dasar. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45–58. https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i1.9876
Mahfud, C. (2020). Pendidikan reflektif dalam pembelajaran agama Islam: Relevansi dan penerapannya di sekolah dasar. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 88–97. https://doi.org/10.29313/tadrib.v9i2.10921
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publications.
Muhaimin. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Rajawali Pers.
Niswah, C., Ibrahim, & Adinda, D. (2023). Pelaksanaan Pemasaran Jasa Pendidikan di Madrasah Ibtidayah Kurnia Ilahi Pulau Harapan-Banyuasin. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 11(2 Oktober 2023), 49–57.
Prabowo, H. (2018). Pemanfaatan media audio-visual dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 121–135. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2018.vol3(2).2142
Pratiwi, A., & A. (2021). Meningkatkan disiplin siswa melalui penerapan peraturan kelas partisipatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 144–152. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.34829Hamid
Putri, D. N., & Arifin, Z. (2021). Pengelolaan kelas berbasis empati dalam pembelajaran PAI. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 102–115. https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i2.10387
Rahmawati, A., & Yusran, M. (2020a). Strategi Pembelajaran PAI Inovatif di Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Islam, 10(1), 55–70.
Rahmawati, A., & Yusran, M. (2020b). Tantangan Pembelajaran Agama Islam di Era Digital. Jurnal Komunikasi Islam, 10(1), 55–70.
Rahmawati, I., & Hasanah, N. (2022). Pembelajaran kontekstual untuk membentuk karakter religius siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 67–78. https://doi.org/10.21043/jipi.v9i1.12456
Rohmat, M. (2020). Meningkatkan partisipasi siswa melalui strategi pembelajaran kontekstual dalam PAI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 73–84. https://doi.org/10.21043/jpiaud.v5i1.9721
Sari, D., & Hakim, M. A. (2021). Keterlibatan siswa dalam penyusunan aturan kelas dan dampaknya terhadap kedisiplinan belajar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 88–99. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i1.39712
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Susanto, A. (2019). Pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara. https://doi.org/10.29313/tadrib.v11i1.10847
Susanto, H. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam. Deepublish.
Syafruddin, A. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam: Telaah konsep dan implementasi. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 67–78. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.6723
Tomlinson, C. A. (2017). How to differentiate instruction in academically diverse classrooms (3rd ed.). ASCD.
Triadi, M. T., Ritonga, K., Hasibuan, H. A., & Handayani, R. (2024). Pengelolaan Masjid Dalam Meningkatkan Aktivitas Keagamaan Di Masjid Nurul Iman Desa Sei Sentosa Labuhanbatu. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 9(1), 95–108. https://doi.org/10.15575/tadbir.v9i1.33955
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). SAGE Publications.
Yusuf, A., & Ramli, M. (2021). Strategi guru PAI dalam membina interaksi sosial berbasis nilai keislaman di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(2), 107–118. https://doi.org/10.21043/jipi.v9i2.11231
Zuhdi, M. (2019). Reorientasi pembelajaran PAI yang humanis dan transformatif. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 67–78. https://doi.org/10.21043/jpi.v5i1.8752
Published
2024-04-30
How to Cite
Lidia, L., Efendi, M. E., Hamka, N., Agustri, R., Idrus, M., Winsidi, W., Shabran, S., Zamzam, M., Hidayatullah, M. R., & Dahirin, D. (2024). Strategi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa . PEDAGOGIKA, 15(1), 10-22. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v15i1.4186