Pengaruh Aplikasi Alphabet War Room Maze Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun

  • Ramlaila Siribua Universitas Negeri Gorontalo
  • Pupung Puspa Ardini Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Wahyuningsi Laiya Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Alphabet War Room Maze, Anak Usia 4-5 Tahun, Kemampuan Mengenal Huruf

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest dan posttest di Taman Kanak-Kanak Mawar. Sampel penelitian terdiri dari 17 anak yang diberi perlakuan menggunakan aplikasi “Alphabet War Room Maze”. Data dikumpulkan menggunakan pre-test untuk mengukur kemampuan mengenal huruf sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Analisis data menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mengenal huruf anak-anak, dengan rata-rata skor pretest sebesar 18,71 dan skor posttest sebesar 35,35. Berdasarkan hasil uji-t, yang menunjukkan nilai T_hitung (17,03) > T_tabel (1,743) pada tingkat signifikansi 0,05 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, H_Oditolak dan H_I diterima. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi Alphabet War Room Maze memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4–5 tahun
Kata Kunci: Alphabet War Room Maze, Anak Usia 4-5 Tahun, kemampuan Mengenal Huruf

Published
2025-10-08
How to Cite
Siribua, R., Ardini, P. P., & Laiya, S. W. (2025). Pengaruh Aplikasi Alphabet War Room Maze Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun. PEDAGOGIKA, 16(2), 218-229. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v16i2.4291