Strategi Peningkatan Literasi Siswa Melalui Media Flipbook
Abstract
Kemampuan literasi siswa sekolah dasar di wilayah Pesisir Kabupaten Gorontalo Utara masih rendah, dengan tingkat literasi di bawah rata-rata nasional. Data kemampuan literasi tingkat Sekolah Dasar berada pada persentase 33,73%, sementara itu, standar literasi nasional yakni 73,52% maka kemampuan literasi Sekolah Dasar di Kabupaten Gorontalo Utara masih tergolong rendah. Faktor seperti kurangnya akses bahan bacaan, minimnya kualitas guru literasi, dan terbatasnya sarana prasarana menjadi penghambat utama. Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk dilakukan guna mengurangi kesenjangan literasi dan meningkatkan kualitas pendidikan menggunakan media pembelajaran di wilayah pesisir. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi peningkatan kemampuan lliterasi siswa sebagai upaya mendukung digitalisasi sekolah dasar di wilayah pesisir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Flipbook manjadi salah satu alternatif dalam mendukung digitalisasi sekolah dan terbukti mampu meningkatkan kemampuan literasi siswa di wilayah pesisir.
References
Djahuno. R, Pakaya. I. I, Lamato. T. I, Buheli. A, and Ishak, S. (2025). Digital Literacy In Social Media Communication Ethics In The Post-Truth Era For Ma Teachers In North Gorontalo District,” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 13, no. 1, pp. 69–81. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i1.5681.
Gui M. D and Pakaya. I. I. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Media Gambar pada Siswa Kelas V SDN 6 Bulango Kabupaten Bone Bolango. Journal of Basic Education and Research, vol. 1, no. 1, pp. 37–44. https://uigu.ac.id/index.php/jubir/issue/view/11.
Hakeu. F, Pakaya. I. I and Tangkudung. M. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran di MIS Terpadu Al-Azhfar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 2, pp. 154–166. DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v6i2.1930.
Hakeu. F, Pakaya. I. I, Djahuno. R, Zakarina. U, and Tangkudung. M. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 1–14. DOI: https://doi.org/10.31314/mohuyula.2.2.1-14.2023.
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022, January). Penerapan metode kualitatif deskriptif untuk aplikasi pengolahan data pelanggan pada car wash. In Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK) (Vol. 6, No. 1).
Hikmah. M and Haryadi. H. (2022). Aplikasi Tiktok Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Berbicara Untuk Siswa SMA. Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, vol. 6, no. 2, p. 369. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7801.
Kalalo, R. J. P., Lumenta, A. S. M., & Paturusi, S. D. E. (2021). The Effects of Interactive Online Learning Using Flipbook on The Process and Results of Blended Learning. Jurnal Teknik Informatika, 16(2), 165–174.
Lisnawati. Y. (2024). Riset 2024, Masyarakat Indonesia Makin Gemar membaca,” liputan6.com. https://www.liputan6.com/citizen6/read/5858397/riset-2024-masyarakat-indonesia-makin-gemar-membaca.
Mano. D. H. (2023). Capaian kinerja Pemkab Gorontalo Utara Tahun 2023 memuaskan. ANTARA News Gorontalo.
Pakaya. I, Djahuno. R., Imran. F, Mahmud. R, and Kai. N. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar Wilayah 3T Kabupaten Gorontalo Utara. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, vol. 10, no. 4, pp. 987-996. DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v10i4.1896.
Prapti. S, Darmuki. A, Surachmi, S. (2024). Studi Kasus Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Literasi Siswa Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 11, No. 1, pp. 13-26. DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v11i1.17377.
Putri. C. K, Putri. C. D. (2022). Karuta Ceria: Media Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran APACIN Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 6, No. 2, pp. 236-248. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.49425.
Rosyad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173–190. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074.
Syahputra, E. (2024). Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesai. Journal of Information System and Education Development, 2(4), 10-13. https://journal.mwsfoundation.or.id/index.php/jised/article/view/104/65.
UNESCO. (2021). Literacy in the 21st Century: Towards a Dynamic and Integrated Approach. in UNESCO Publishing, Paris: UNESCO Publishin.
Copyright (c) 2025 Idan I. Pakaya, Rina Istiwaroh Adam, Rahmawati Sudai, Ratna Mahmud

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
							









