Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung

  • Hasmiati Hasmiati Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Program Pascasarjana, Universitas Terbuka Tarakan, Indonesia
  • Darmanto Darmanto Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Program Pascasarjana, Universitas Terbuka Tarakan, Indonesia
  • Titi Darmi Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Program Pascasarjana, Universitas Terbuka Tarakan, Indonesia
Keywords: Transparansi, Akuntabilitas, Dana BOS

Abstract

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk mendukung pembiayaan operasional sekolah, sehingga layanan pendidikan dasar dan menengah dapat berjalan dengan baik tanpa membebani siswa maupun orang tua. Dana ini disalurkan kepada sekolah negeri dan swasta di seluruh Indonesia berdasarkan jumlah siswa yang terdaftar. Dalam pengelolaannya, prinsip transparansi dan akuntabilitas menjadi hal yang mutlak untuk diterapkan oleh setiap sekolah. Namun demikian, di sejumlah sekolah dasar yang berada di Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tana Tidung, masih ditemukan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana BOS. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana praktik transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana BOS di sekolah-sekolah dasar yang ada di Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tana Tidung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, bendahara sekolah, guru, komite sekolah, serta orang tua siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif, sedangkan untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Transparansi dalam pengelolaan dana BOS telah dilaksanakan melalui penyediaan dokumen penggunaan anggaran, baik dalam bentuk fisik maupun digital, yang dapat diakses oleh masyarakat. 2) Akuntabilitas juga telah diupayakan dengan baik. Hal ini terlihat dari penyusunan laporan realisasi anggaran beserta bukti pendukungnya, sehingga seluruh penggunaan dana dapat dipertanggungjawabkan secara jelas. Meskipun demikian, terdapat sejumlah tantangan dan hambatan dalam pengelolaan dana BOS, seperti keterbatasan kompetensi pengelola keuangan sekolah yang bukan berasal dari latar belakang keuangan, sehingga penyusunan anggaran sering memerlukan waktu yang lama. Selain itu, masih sering terjadi kesalahan dalam penginputan data ke dalam aplikasi RKAS, serta keterlambatan guru dalam menyusun kebutuhan kelasnya. Namun, terdapat pula berbagai faktor pendukung, seperti dukungan dari semua pihak—termasuk tim BOS sekolah, guru, komite sekolah, dan tokoh masyarakat. Selain itu, adanya petunjuk teknis (Juknis) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pendampingan dari Tim BOS Dinas Pendidikan, serta pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) bagi bendahara BOS turut membantu meningkatkan kualitas pengelolaan dana BOS di sekolah dasar

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Anggraini, R.D. 2013. Transparansi, Partisipasi, dan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Dana BOS Dalam Program RKAS di SDN Pacarkeling VIII Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik, 1 (2), 201-208.
Amin, N.W, Indriani, E, & Mariadi, Y. 2022. Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Mataram Tahun 2021. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2 (1), 166–174.
Adrianto, N. 2007. Good e-Goverment Transparansi dan akuntabilitas Publik Melalui e- Goverment. Bayumedia Publishing: Malang
Bastian, I. 2007. Akuntansi Pendidikan. Erlangga: Jakarta.
Dharma, S. 2010. Manajemen Kinerja. Ed.ketiga. Pustaka Belajar: Yogyakarta
Fitri, A. Murniati, Bahrum. 2019. Manajemen Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Pada Smp Negeri Di Kota Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 7 (1), 1-6
Fitri, A. 2014. Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Bahana Manajemen Pendidikan, 2 (1), 33-831.
Giyanto. 2013. Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Dasar Negeri Belah 1 Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan, Tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hamid, M. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Ismail, F. Sumaila, N. 2020. Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung, Sulawesi Utara. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (1), 1-18
Jubaeda, E., Nugraha, L. dan Hariz, F. 2008. Model Pengukuran Pelaksanaan Good Governance di Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. PKP2AI LAN: Bandung.
Kristianten. 2006. Transparansi Anggaran Pemerintah. Jakarta: Rineka Cipta
Krina, P dan Loina. L. 2003. Indikator dan Alat Ukur Prinsip Akunbilitas, Transparansi dan Partisipasi. Jakarta: Sekretariat Good Publik Governance, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.
Moleong, Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mahmudi. 2010. Manajemen Keuangan Daerah. Jakarta: Erlangga.
Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi Offset.
Milles, M.B dan Huberman, A.M. (2007). Analisis Data Kualitatif, Buku sumber tentang metode- metode baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Minarti, Sri. 2011. Manajemen Sekolah Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Maries, N.K., Herawati, N.T., Sinarwati, N.K 2017. Menelaah Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan pada Yayasan Pendidikan Full Day Mardatillah Singaraja. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 7(1).
Poerwadarminta. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis BOS Reguler SD, SMP, SMA dan SMK Tahun 2021.
Permendikbud Nomor 08 tahun 2017 tentang petunjuk teknis penggunaan dana BOS tahun 2017.
Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomer 162/PMK.05/2013 tentang Kedudukan dan Tanggung Jawab Bendahara Pada Satuan Kerja Pengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara pasal 9 ayat (1).
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 62 tahun 2011 tentang pedoman pengelolaan dana BOS
Peraturan Pemerintah No. 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.
Sari, D.M.I.P. 2022. Analisis Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Dana Bos Pada SLB Negeri 2 Denpasar. Jurnal Akuntansi. 11 (1), 103-117
Sine, E.P.T, Tunti, M.E.D, Rafael, S.J.M. 2021. Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Studi Pada Sekolah Di Kota Kupang). Jurnal Akuntansi: Transparansi dan Akuntabilitas. 9 (1), 1-8
Shafratunnisa, Fierda. 2015. Persepsi Stakeholders terhadap Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Kepada Stakeholders di SD Islam Binakheir. (Online), (http://103.229.202.68/dspace/bitstream/, diakses 27 November 2022).
Sanusi, A. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung
Solikhatun, I. 2016. Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SMK 1 Yogyakarta. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. 5(5), 1-13
Sulfiati, F, Alam, S.A. & Irwan, A. L. 2014. Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Kabupaten Sinjai. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3 (2), 113-122
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Seklah Dasar. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Sutedi, A. 2009. Implikasi Hukum Atas Sumber Pembiayaan Daerah dalam Kerangka Otonomi Daerah. Sinar Grafika: Jakarta
Undang-Undang Dasar Tahun 1945 tentang Hak Warga Negara Indonesia
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang guru dan dosen
Waluyo. 2008. Manajemen Publik. Bandung: Mandar Maju.
Yanti, N.L.T. 2021. Penerapan Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Dana Bos di SMPN 3 Sukawati Dalam Program RKAS. Jurnal Hita Akuntansi dan Keuangan. 2 (3), 139-151.
Victoria, T. 2014. Transparansi dan akuntabilitas Pengelolaan dana Pendidikan di SMK Muhammadiyah Prambanan. Journal Student UNY. 4 (4), 284 – 290
Published
2025-09-21
How to Cite
Hasmiati, H., Darmanto, D., & Darmi, T. (2025). Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. PEDAGOGIKA, 16(2), 201-217. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v16i2.4344