Profesionalisme Guru PAI dalam Menghadapi Tantangan Abad ke-21
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Pendekatan yang digunakan adalah kajian pustaka (library research) dengan metode pengumpulan data dari berbagai sumber tertulis, seperti buku, jurnal, artikel, maupun dokumen yang relevan. Metode ini dimaksudkan untuk menelaah teori, memperkuat landasan teoretis, memperluas wawasan, menemukan celah penelitian, serta menyusun sintesis informasi sebagai pijakan ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru PAI menjadi faktor kunci dalam menjawab dinamika pendidikan modern. Guru dituntut menguasai materi keagamaan, mengembangkan keterampilan pedagogik, dan mengintegrasikan literasi digital agar mampu memberikan pembelajaran agama yang adaptif, kontekstual, dan bermakna. Selain itu, pelatihan berkelanjutan serta kolaborasi antar pihak sangat diperlukan untuk mendukung inovasi guru. Disarankan agar lembaga pendidikan dan pemerintah memperkuat dukungan melalui pelatihan teknologi, penyediaan fasilitas, serta program pengembangan profesional yang berkesinambungan.
References
Annur, S. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Noerfikri.
Annur, S., Lusitania, N., Khairunnisa, A., Utami, R., Studi, P., Pendidikan, M., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., Raden, N., Palembang, F., Tinggi, S., & Globalisasi, E. (2023). Manajemen Strategi dalam Menghadapi Era Globalisasi pada Tingkat Sekolah Tinggi di STAI Bumi Silampari Lubuk Linggau. Journal Of Human And …, 3(1), 52–56. http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/296%0Ahttps://jahe.or.id/index.php/jahe/article/download/296/173
Annur, S., Oktarina, W., Divy, E. O., Lestari, B. W. C., Khumaidi, I., Hepriyanti, L., & Astuti, S. W. (2023). Tantangan dan Strategi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar di Era Digital pada MA Muhajirin Tugumulyo Musi Rawas. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 80–84.
Copyright (c) 2024 Muslim Muslim, Afriantoni Afriantoni, Nadhrah Finni Yuniarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.