Pengaruh Alat Permainan Papan Gembira Edukatif Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B Di Tk Kemala Bhayangkari 2 Tanjung Morawa

  • Aminda Tri Handayani Universitas Muslim Nusantara Al- Washliyah, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Yofita Kurnia Gulo Universitas Muslim Nusantara Al- Washliyah, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Keywords: Alat Permainan, Papan Gembira Edukatif, Kepercayaan Diri, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat permainan papan gembira edukatif terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 2 Tanjung Morawa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Sampel berjumlah 25 anak dengan populasi 30 anak. Sampel dipilih melalui teknik simple random sampling, dengan cara melalui pencabutab nomor atau undian. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kepercayaan diri berdasarkan lima indikator: pantang menyerah, berani mengemukakan pendapat, berani bertanya, mengutamakan usaha sendiri daripada bantuan, dan berpenampilan tenang. Hasil pretest menunjukkan sebagian besar anak berada pada kategori “belum berkembang” dan “mulai berkembang”. Setelah diberikan perlakuan berupa permainan papan gembira edukatif selama enam kali pertemuan, terjadi peningkatan signifikan ke kategori “berkembang sesuai harapan” dan “berkembang sangat baik”. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal, dan uji t menghasilkan nilai thitung > ttabel, sehingga hipotesis alternatif diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan alat permainan papan gembira edukatif terhadap kepercayaan diri anak. Permainan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mampu menumbuhkan keberanian anak dalam berpendapat, bertanya, serta menunjukkan kemandirian dan ketenangan dalam menghadapi tantangan. Penelitian ini menunjukkan bahwa permainan edukatif berbasis papan dapat menjadi media pembelajaran yang efektif untuk menstimulasi keberanian anak dalam berinteraksi, mengemukakan pendapat, serta tampil di depan umum. Melalui aktivitas bermain yang menyenangkan dan menantang, anak didorong untuk lebih aktif dan percaya diri

References

Aini, N., & Rahmawati, D. (2020). Pengaruh permainan edukatif terhadap peningkatan kepercayaan diri anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 723–732.*

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.*

Erikson, E. H. (1963). Childhood and society (2nd ed.). New York: W. W. Norton & Company.

Hikmawati, F. (2017). Metodologi penelitian. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Kurnia, R., & Pratiwi, D. (2021). Pengaruh permainan edukatif terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5–6 tahun. Jurnal Golden Age, 5(2), 98–107.*

Lestari, I. (2019). Penggunaan media permainan edukatif untuk meningkatkan kepercayaan diri anak kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 34–41.

Mutiah, D. (2015). Psikologi bermain anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Novitasari, R., & Yuliani, S. (2020). Upaya meningkatkan kepercayaan diri anak melalui kegiatan bermain peran. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 112–120.*

Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh media pembelajaran dan motivasi diri terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649–659.*

Sasitri, S. (2018). Papan gembira edukatif sebagai media pembelajaran anak usia dini. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Savitriana, H., & Anjarwati, P. (2024). Efektivitas penggunaan game edukasi berbasis augmented reality untuk meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa sekolah dasar: A systematic literature review. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 1(1), 41–55.*

Siregar, A. M., & Marlina, R. (2022). Penggunaan permainan tradisional untuk meningkatkan rasa percaya diri anak di taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 20–30.*

Susanto, A. (2017). Perkembangan anak usia dini: Pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Kencana.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Wahyuni, R. (2017). Psikologi perkembangan anak usia dini. Bandung: Alfabeta.

Published
2025-10-18
How to Cite
Tri Handayani, A., & Kurnia Gulo, Y. (2025). Pengaruh Alat Permainan Papan Gembira Edukatif Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B Di Tk Kemala Bhayangkari 2 Tanjung Morawa. PEDAGOGIKA, 16(2), 290-300. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v16i2.4402