Pembelajaran Matematika melalui Permainan Tradisional pada Siswa Sekolah Dasar

  • Nur Inayah Syar IAIN Palangkaraya
  • Dilla IAIN Palangkaraya
  • Gito Supriadi IAIN Palangkaraya
Keywords: Pembelajaran Matematika, Permainan Tradisional, Bangun Datar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran matematika melalui permainan tradisional serta pengetahuan siswa tentang jenis-jenis bangun datar di Sekolah Dasar Negeri 2 Kuala Pembuang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kelas 2A dan 2B. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan pembelajaran matematika melalui permainan tradisional pada siswa meliputi: penyampaian tujuan pembelajaran; hompimpa; penyiapan alat dan bahan permainan tradisional; penjelasan aturan permainan; pemberian contoh; pelaksanaan permainan; pemberian semangat; evaluasi; 2) Faktor yang mendukung pelaksanaan pembelajaran matematika melalui permainan tradisional adalah sarana dan prasarana yaitu adanya halaman yang luas sangat mendukung, dan dukungan kepala sekolah. Faktor penghambat pelaksanaannya adalah keterbatasan waktu, kegiatan yang banyak dan jumlah anak yang bermain besar; 3) Permainan tradisional meningkatkan pengetahuan siswa tentang macam-macam bangun datar seperti segitiga, trapesium, belah ketupat, dan lingkaran. 

References

Arifin, Z. (2011). Evaluasi pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya. https://www.academia.edu/download/44822784/34-Evaluasi-Pembelajaran.pdf
Aviadita, R. (2016). Pembuatan Game Brain Puzzle Melalui Permainan Engklek Dengan Puzzle Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Matematika Pada Anak [Universitas Dinamika]. http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1668/
Destriana. (2019). Pelaksanaan Bimbingan Belajar dengan Teknik Permainan Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. UIN Raden Intan Lampung.
Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta.
Hartatik, S., & Rahayu, D. W. (2018). Inovasi Model Pembelajaran Melalui Permainan Tradisional “Lempar Karet” Untuk Mengajarkan Konsep Perkalian Bagi Siswa Sekolah Dasar. Education and Human Development Journal, 3(2), 149–158. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i2.55
Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 14–23. http://jurnal.upi.edu/file/3-agung.pdf
Hasan, I. (2009). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Bumi Aksara.
Kholil, M. (2018). Identifikasi Konsep Matematika dalam Permainan Tradisional di Kampung Belajar Tanoker Ledokombo Jember. Indonesian Journal of Islamic Teaching, 1(1), 62–75. http://jurnalpasca.iain-jember.ac.id/ejournal/index.php/IJIT/article/view/3
Megasari, R. (2014). Peningkatan pengelolaan Sarana dan prasarana Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. In Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan (Vol. 2, Issue 1). https://doi.org/10.24036/BMP.V2I1.3808
Nasrullah, & Zulkardi. (2011). Building counting by traditional game: A Mathematics Program for Young Children. IndoMS. J.M.E, 2(1), 41–54. https://repository.unsri.ac.id/6324/
Offenholley, K. H. (2012). Gaming Your Mathematics Course: The Theory and Practice of Games for Learning. Journal of Humanistic Mathematics, 2(2), 79–92. https://doi.org/10.5642/jhummath.201202.07
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Sari, W. (2018). Analisis Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika pada Luas dan Keliling Bangun Datar Siswa Kelas IV SD Negeri Soko 2 [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/67622
Siregar, N. D., & Surya, E. (2017). Penggunaan Mathmagic dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 46–52. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.7730
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumardyono. (2004). Karakteristik Matematika dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika. Depdiknas.
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya.
Usman, M. U. (2017). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2021-04-22
How to Cite
Nur Inayah Syar, Dilla, & Gito Supriadi. (2021). Pembelajaran Matematika melalui Permainan Tradisional pada Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIKA, 12(1), 61-76. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.600
Section
Articles