Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan. Adanya wabah virus corona ini menghambat kegiatan belajar mengajar yang biasanya berlangsung secara tatap muka dan mengharuskan proses pembelajaran harus dari rumah atau School from Home (SFH). Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui motivasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Adapun metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Kuantitatif, dimana jumlah sampel 41 orang mahasiswa yang ada di Universitas Muhammadiyah Sorong. selain itu, Teknik pengumpulan data menggunakan aplikasi google form dan dianalisis menggunakan Microsoft excel, adapun jenis surveinya menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa implementasi pembelajaran daring dapat memberikan dampak dalam peningkatan pemahaman mahasiswa selama pelaksanaan pembelajaran meliputi beberapa aspek yakni perhatian, pemahaman, kemampuan dan motivasi berada pada kategori cukup dan baik dalam menerima materi yang disampaikan. Oleh karena itu, pembelajaran daring dapat memberikan nuansa pembelajaran tersendiri yang dapat berdampak pada peningkatan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa selama pembelajaran.
References
AECT. (1977). The Definition of educational technology. Washington: AECT
Crews, J., & Parker, J. (2017). The Cambodian Experience: Exploring University Students’ Perspectives for Online Learning. Issues in Educational Research, 27(4), 697–719.
Firman, F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1), 14-20.
Harususilo, Y. E. (2020). Work From Home "mengajar dari rumah".
Marbun, P. (2020). Disain pembelajaran online pada era dan pasca covid-19. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 12(2), 129-142.
Mather, M., & Sarkans, A. (2018). Student Perceptions of Online and Face-to-Face Learning. International Journal of Curriculum and Instruction, 10(2), 61–76.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.
Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Mi/Sd (Studi Kbm Berbasis Daring Bagi Guru Dan Siswa). Jiees: Journal Of Islamic Education At Elementary School, 1(1), 10-16.
Sari, Dewi Permata dan Rusmin, A. R. (2018) “pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar peserta didik di sman3 tanjung raja,” Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi 5, no. 1 : 80–88
Sadirman. (2012) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93.
Tahar, I., & Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 7(2), 91–101.-0758-9.
Tune Sumar, W. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jambura Journal of Educational Management, 1(1), 49-59. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i1.105
Werdayanti, Andaru. (2008). “Pengaruh Kompetensi Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” Dinamika Pendidikan 3, no. 1.
Copyright (c) 2021 arie anangsetyo, Muhammad Syahrul Kahar, Rahmatullah Bin Arsyad, Muhammad Fathurrahman, Hilman DJafar, Wenny Hulukati, Abdul Kadir Husain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.