Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring

  • Zulfatun Na'im Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Eva Luthfi Fakhru Ahsani Institut Agama Islam Negeri Kudus
Keywords: The role of parents, Learning outcomes, Online Learning

Abstract

This article aims to find out: 1) what is the role of parents on student learning outcomes? 2) what is the role of parents in online learning ?, 3) What are the efforts made by parents in improving student learning outcomes in online learning ?. Parents are one of the people who are very responsible in the process of children's education. The active role of parents during the Covid-19 pandemic by implementing online learning will have an impact on student learning outcomes. The research method used in this research is qualitative research methods and in data collection using the phenomenological method and the research subjects are parents. From the research that has been carried out, the results of this study are: The role of parents on student learning outcomes is very important, with the responsibility of that person, student learning outcomes will affect especially learning outcomes related to affective and psychomotor, parental war in learning online during the Covid-19 pandemic is very influential and very important, with the role of parents in this online learning, the child will complete the task that has been given, and the child's ability to continue to develop even though not with the accompanying teacher. The efforts made by parents are always to motivate and encourage children to be able to carry out online learning.

 

References

Anugrah, Dwi. 2010. Dinamika Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Berita Magelang. http://beritamagelang.id/kolom/dinamika-pembelajaran-daring-di-tengah-pandemi-covid-19. Diakses pada 11 Mei 2020.
Ahsani, Eva Luthfi Fakhru, dan Ayuningsih. Pengaruh Pembelajaran Melalui Program TVRI Terhadap Aspek Psikomotorik Siswa SD di Masa Pandemi Covid-19. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 4. No. 2. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JPD/article/view/1594. Diakses pada 20 Februari 2020.
Ahsani, Eva Luthfi Fakhru, dan Siti Eni Mulyani. 2020. Penerapan E-Learning Berbasis Distance Learning Untuk Mengembangkan Life Skill. Jurnal Didaktika. Vol. 4 No. 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika/article/view/34805. Diakses pada 20 Februari 2020.
Astuti, Dewi. 2013. Analisis Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora Vol. 4, No. 1.
CNN Indonesia. Update Corona 10 Mei: 14.032 positif, 2.698 sembuh”. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200509195317-20-501653/update-corona-10-mei-14032-positif-2698-sembuh. Diakses pada 10 Mei 2020.
Elianur, Carona. 2017. Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Sebagai Sarana Diskusi Antar Pengawas Dan Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal As-Salam, 1(2).
Kemedikbud RI, “20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional”, diakses pada 08 Mei 2020.
Maryani. 2014. Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDn 64/1 Muara Bulian. Artikel Ilimiah. Program Studi Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi.
Miranti, Ika. dkk. 2017. Peran Serta Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 4, No. 2.
Munirah. 2015. Penggunaan Aplikasi WhatsApp Pada Pembelajaran Menulis Paragraf Narasi Bahasa Indonesia. Kongres Bangsa Indonesia. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Nurlaeli, Dede Rahmaida dan Nunung Nurwanti. 2020. Kelekatan (Attachment) Ibu – Anak Di Tengah COVID-19. Program Studi Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Padjajaran.
Pangestika, Nur Lia. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Media sosial WhatsApp Terjadap Penyebaran Informmasi Pembelajaran Di SMA Negeri 5 Depok. Jakarta: Sarjana Pendidikan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Pemerintah pusat . (2020). bekerja dari rumah (Work From Home) dari sudut pandang unit kepatuhan internal . Direktorat Jenderal Kekayaan Negara kementrian keuangan , https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13014/Bekerja-dariRumah-Work-From-Home-Dari-Sudut-Pandang-Unit-Kepatuhan-Internal.html. Diakses pada 08 Mei 2020.
pemerintah Pusat . (2020, maret). Surat edaran mendikbud no 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat Covid-19. Retrieved from Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai KEMENDIKBUD : https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebarancorona-virus-disease-covid-1-9/. Diakses pada 08 Mei 2020.
Pranajaya, Hendra dan Wicaksono. 2018. Pemanfaaran Aplikasi WhtasApp (WA) Di Kalangan Pelajar: Studi Kasus Di MTS Al Muddatsiriyah Dan MTS Jakarta Pusat. Orbith, Vol. 14 No.1.
pusat, P. (2018, agustus). Undang-undang nomor 6 tahun 2018 . Retrieved from JDIH BPK database peraturan : https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/90037/uuno-6-tahun-2018. Diakses pada 08 Mei 2020.
pusat, P. (2020 , februari rabu). lahkah dan upaya pemerintah indonesia dalam menangani dan menghadapi virus novel corona 2019. Retrieved from kedutaan
besar republik indonesia pretoria, Afrika Selatan: https://kemlu.go.id/pretoria/id/news/4771/langkah-dan-upaya-pemerintahindonesia-dalam-menangani-dan-menghadapi-virus-novel-corona-2019-n-cov. Diakses pada 08 Mei 2020.
pusat, P. (2020, April senin). keputusan presiden (KEPRES) NOMOR 12 TAHUN 2020. Retrieved from JDIH BPK Database peraturan : https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/135718/keppres-no-12-tahun-2020. Diakses pada 08 Mei 2020.
Setiawan, Heri. 2020. Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring. Suara Merdeka. https://www.suaramerdeka.com/news/opini/222555-peran-orang-tua-dalam-pembelajaran-daring. Diakses Pada 08 Mei 2020.
Shiyana. 2014. Materi Ilmu Pendidikan dan Psikologi kelas XII.Kudus: MA MU’ALLIMAT NU KUDUS.
Umar, Munirwan. 2015. Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Edukasi Vol, 1 Nomor 1.
Warti, Elis. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Beljar Matematika Siswa di SD Angkas 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Mateamtika STKIP Garut “Jurnal Musharafa”. Volume 5. Nomor 2.
Published
2021-04-16
How to Cite
Na’im, Z., & Fakhru Ahsani, E. L. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring . PEDAGOGIKA, 12(1), 32-52. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621
Section
Articles