Keefektifan Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal, (2) monitoring dan evaluasi sistem penjaminan mutu internal, dan (3) tindak lanjut sistem penjaminan mutu internal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal berada pada kategori efektif, (2) monitoring dan evaluasi sistem penjaminan mutu internal berada pada kategori efektif, dan (3) tindak lanjut sistem penjaminan mutu internal berada pada kategori efektif. Untuk itu disarankan: (1) bagi Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) universitas perlunya peningkatan dalam proses perbaikan yang berkelanjutan dalam penjaminan mutu internal, (2) bagi dekan, memandu dan mengkoordinasikan terlaksananya setiap kegiatan pembelajaran dan lebih memperhatikan kualitas kerja dari pihak-pihak yang terkait dengan pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya berdasarkan standar yang terpola dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ada dalam SOP, (3) bagi unit penjaminan mutu internal, lebih meningkatkan kerja sama dan komitmen bersama pimpinan tentang pentingnya pelaksanaan penjaminan mutu internal serta bekerja sama untuk mensosialisasikan standar dalam SPMI kepada seluruh dosen dan pegawai fakultas.
References
Abdul, Syaiful, Tasman dkk. 2013. Manajemen Pendidikan Orientasi Mutu, Teori dan Implementasi pada Aras Lokal. Gorontalo: Ideas Publishing
Abseni, Ahmad Tihardi. 2013. Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (Suatu Studi tentang Standar Operasional Prosedur) di Politeknik Negeri Sambas. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tajungpura. Vol 1 (0001)
Arikunto dan Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Atmoko, Tjipto. 2011. Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol 5, No. 2
Crosby, Philip B. 1986. Quality Is Free. New York. Mentor Books
Davis, K&J. W. Newstrom. 1990. Perilaku dalam Organisasi. Terjemahan. Jakarta: Erlangga
Deming, W Edwards. 1986. Out of the Criss. Cambridge. Cambridge University Press
Ekotama, Suryono. 2011. Cara Gampang Bikin Standard Operating Procedure Agar Roda Usaha Lebih Tertata, Yogyakarta: Media Pressindo
Lewis, Elton. 1995. Quality Assurance in Teaching. Baston: Longman
Hakim, Rusman. 2010. Break Through: Bisnis Itu Permainan, Bukan Ilmu Pengetahuan, Jakarta: PT Gramedia
Insani, Istyadi. 2010. Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai Pedoman Pelaksanaan Administrasi Perkantoran dalam Rangka Peningkatan Pelayanan dan Kinerja Organisasi Pemerintah. Penyempurnaan Makalah pada Workshop Manajemen Perkantoran di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Bandung
Imai, M. 1991. Kaizen The Key To Japan’s Competitive Success. Singapore: McGraw-Hill Book Co
Jackson, N. 1998. Understanding Standard Based Qualitative Assurance Part 2, Nuts and Bolts of Dearing Policy Work. Qualitative Assurance in Education 6 (4)
Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II. Jakarta: PT. Indeks Gramedia
Komariah, Aan dan Satori Djam’an. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Levin, H.M dan Rumberger, R.W. 1989. Education, Work, And Employment: Present Issues And Future Challenges In Developed Countries. Dalam F. cailods (Ed.) The Prospect For Educational Planning. Paris: unesco-IIEP
Mahmud, Marzuki. 2012. Manajemen Mutu Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali
Manullang, M. 1995. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia
Marizka, Yana Dwi dan Soesila Zauhar. 2013. Implementasi TQM (Total Quality Management) pada Organisasi Publik (Studi tentang SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) di Universitas Brawijaya Malang).
Mas, S. Roskina. 2017. Pengelolaan Penjaminan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Zahir Publishing
Nazir, Moh. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Karapetrovic, S. dan Walter Willborn. 2000. “Quality Assurance and Effectiveness of Audit Systems”. International Journal of Quality & Reliability Management, Vol. 17 Iss 6: 679-703. http://dx.doi.org/10.1108/02656710010315256. Diakses pada 15/11/2019
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Penjaminan Mutu. 2018. Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. https://spmi.ristekdikti.go.id.pdf. Diunduh pada 06/05/2019
Purnamasari, Evita P. 2009. Panduan Menyusun Standard Operating Procedure (SOP). Yogyakarta: Graha Ilmu
Standar Operasional Prosedur (SOP). 2015. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung
Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sulaiman, A dan Udik Budi Wibowo. 2016. Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Universitas Gadjah Mada. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol 4 (1): 17-32
Tambunan, Rudi M. 2013. Pedoman Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP). Jakarta: Maistas Publishing
Thoha, M.C. 1990. Tehnik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali
Wibiso, Dedy Sugiar. 2016. Implementasi Total Quality Management (TQM) pada Pelaksanaan Penjaminan Mutu Internal di Sekolah Tinggi Angkatan Laut. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya
Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press.
Copyright (c) 2021 Inggit Paputungan, Ansar Ansar, Sitti Roskina Mas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.