Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini

  • Ni Nyoman Ari Ratnadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
  • Kadek Devy Marleni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
  • Kadek Dwi Arlinayanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
Keywords: Metode Show And Tell, Kemampuan Berbicara, Anak

Abstract

Metode show and tell adalah kegiatan menunjukan sesuatu kepada audiens dan mendeskripsikan sesuatu. Pada awalnya anak akan membawa benda-benda pribadi dari rumah dan menjelaskan secara sederhana, seperti nama benda dan bagaimana mereka mendapatkan benda tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode show and tell terhadap peningkatan kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Pelita Kasih Singaraja. Desain penelitian menggunakan pra- eksperimental dengan rancangan one group pre-post test design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di PAUD Pelita Kasih Singaraja Bali. Besar sampel yang digunakan adalah 30 responden yang telah dipilih dengan menggunakan teknik sampling total sampling. Pengukuran kemampuan berbicara dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang berpedoman pada tugas-tugas menurut usia di Denver II. Penelitian ini menggunakan statistik parametrik menggunakan uji Paired Sample T-test dengan taraf signifikan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Pelita Kasih Singaraja.

References

Aisyah, S. (2015). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. (E. Purwanto, Ed.) (1st ed.). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Aprinawati, I. (2017). Jurnal obsesi. Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Iis, 1(2), 148–155.
Arty Nur Mawadah & Muniroh Munawar Mun. (2018). Analisi Peran Ibu Bekerja Dalam Perkembangan Bicara Anak Usia TK B, 3367(2), 56–61.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Statistik Pendidikan Anak Usia Dini 2016/2017 [Early Childhood Education Statistics 2016/2017], 1–119. Retrieved from
http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_C6C3980D-F1F1- 4BEB-8DFA-FD57559F1D86_.pdf
Putriyani. (2012). Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1110029.
Rahman, U. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4
Soetjiningsih, & Ranuh, G. (2013). Tumbuh Kembang Anak. (Y. J. Suyono, Ed.) (2nd ed.). Jakarta: EGC
Tania, P. (2018). a. Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak, 6(1).
Wijana, W. D. (2016). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. (E. Purwanto, Ed.) (1st ed.). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Yuniarti, S. (2015). Asuhan Tumbuh Kembang Neonatus Bayi-Balita Dan Anak Pra-Sekolah. (M. D. Wildani, Ed.). Bandung: PT Refika Aditama.
Yusuf, S., & Sugandhi, N. M. (2016). Perkembangan Peserta Didik (1st ed.). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Published
2021-04-16
How to Cite
Ari Ratnadi, N. N., Marleni, K. D., & Arlinayanti, K. D. (2021). Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGIKA, 12(1), 53-60. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.636
Section
Articles