Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Permainan untuk Membantu Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa

  • Arni Ulan SMPN 1 Tompobulu Kabupaten Bantaeng
  • Idriani Idris Universitas Negeri Gorontalo
  • Nurul Maulida Alwi Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: bimbingan kelompok, teknik permainan, penerimaan diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik permainan melalui bimbingan kelompok dalam meningkatkan penerimaan diri siswa kelas  VII SMP Negeri 8 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif terhadap 10 subjek penelitian yang merupakan siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Makassar. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument observasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif membandingkan kondisi awal dengan siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang berarti signifikan yaitu penerapan teknik permainan dalam bimbingan kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan penerimaan diri siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Makassar. Hal ini terbukti dari keberhasilan siswa dalam mengikuti kegiatan bimbingan kelompok  pada siklus pertama ke siklus kedua meningkat dari tinggi menjadi sangat tinggi dan dari kondisi awal dengan kategori sedang meningkat ke siklus 2 dengan kategori sangat tinggi .

References

Agustin, D., Sumarwiyah, S., & Sucipto, S. (2020). Peningkatan Sikap Optimisme Anak Panti Asuhan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulasi. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).

Azam, U. (2016). Bimbingan dan Konseling Perkembangan Disekolah. Yogyakarta: Grup penerbitan CV Budi Utama.

Fitri, L. (2015). Efektivitas Teknik Permainan untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa. Edusentris, 2(2), 156–165.

Geldard, K., & Geldard, D. (2012). Konseling Anak-Anak Sebuah Pengantar Praktis. Indeks.

Haolah, S., Rohaeti, E. E., & Rosita, T. (2020). Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kematangan Karier. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(1), 1–8.

Hasmalawati, N. (2018). Pengaruh Citra Tubuh dan Perilaku Makan Terhadap Penerimaan Diri pada Wanita. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 2(2), 107–115.

Hoffman, Louis, Lopez, Abraham, J, & Moats, Michael, E, Bernard, M. (2013). The Strength of Self Acceptance Theory, Practice and Research (E. Bernard, Michael (ed.)). New York: Springer-Verlag. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-6806-6

Hurlock, E. (2013). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Mualifah, A., Barida, M., & Farhana, Lady. (2019). The Effect of Self-Acceptance and Social Adjustment onSenior High School Students’ Self-Concept. International Journal of Educational Research Review, 4, 719–724.

Muawanah, L. B. (2012). Kematangan emosi, konsep diri dan kenakalan remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(1).

Nurkia, S., & Sulkifly. (2020). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Simbolis untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa . JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(2), 56-65. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i2.521

Noor, M., Atieka, N., & Yunisa, I. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Penerimaan Diri pada Remaja di Desa Mataram Baru Sukadana Lampung Timur. Counseling Milenial (CM), 1(2), 130–142.

Putri, D. A. S. (2020). Pengembangan Modul Bimbingan ke Arah Penerimaan Diri Melalui Bimbingan Kelompok Siswa SMKN Tutur Pasuruan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 2(1).

Qonita, R., & Dahlia, D. (2019). Hubungan Penerimaan Diri Dengan Harga Diri pada Pengemis di Kota Banda Aceh. Seurune Jurnal Psikologi Unsyiah, 2(1), 33–49.

Resty, G. T. (2016). Pengaruh Penerimaan Diri Terhadap Harga Diri Remaja di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyayah Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(1).

Saifuddin, S. (2021). Penerapan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa di SMK Negeri 1 Makassar. DISHUM: DDI Islamic Studies and Humanities Research, 1(1), 64–75.

Sekali, R. B. R. K. (2020). Upaya Meningkatkan Penerimaan Diri (Self Acceptance) Siswa Melalui Konseling Individu dengan Pendekatan Realita Kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 2(2), 135–147.

Sitorus, M. W., Badrujaman, A., & Fitri, S. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode permainan terhadap penerimaan diri siswa. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 18–23.

Sulistiyanti, D., & Fitria, E. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Kartu Uno Terhadap Eksplorasi Karir. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 29–49.

Published
2021-04-25
How to Cite
Ulan, A., Idris, I., & Alwi, N. M. (2021). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Permainan untuk Membantu Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa. PEDAGOGIKA, 12(1), `120-133. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.657
Section
Articles