KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN TERHADAP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN
Abstract
Dosen sebagai elemen yang memiliki peranan yang sangat strategis dalam proses pembelajaran, kompetensi pedagogik dosen terdapat aspek penting didalam pengembangan pembelajaran.Oleh karena itu bagaimana peran dan kontribusi kompetensi pedagogik dosen terhadap pengembangan pembelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data sekunder dan data primer, dengan tehnik pengumpulan data sekundernya diperoleh dari referensi dan data yang telah diolah sebelumnya sedangkan data primer di peroleh berdasarkan datahasil observasi, wawancara dan diskusi terpusat.Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang bagaimana peran kompetensi pedagogik terhadap pengembangan pembelajaran.Untuk itu penulis memberikan simpulan bahwa kompetensi pedagogikdosen memberikan peran yang sangat besar terhadap pengembangan pembelajaran meliputi beberapa aspek yaitu :Menguasai karakteristik peserta didik, Menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik, Pengembangan kurikulum,Kegiatan pembelajaran, Pengembangan potensi peserta didik,Komunikasi dengan peserta didik,Penilaian dan evaluasi.
References
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Hutapea, Parulin dan Nurianna Thoha, 2008. Kompetensi Plus. PT.Gramedia Pustaka Utama Jakarta.
Lexy J. Moleong, 2002. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, PT. Rosda Karya
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Safwan1, dkk Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pidie Jaya.Jurnal Akuntansi ISSN 2302-0164 Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Volume 3 no.1 februari 2014. Diakses 29 Mei 2017
Depdiknas.2004. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi SMP Mata Pelajaran Pengetahuan Alam.Depdiknas. Jakarta.(Online).
(https://dnoeng.wordpress.com/2011/07/17/teori-pembelajaran-ipa/, diakses pada 8 Desember 2014: 18. 15 WIB).
Undang-Undang No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru
Undang-Undang No. 14 tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen
Undang-Undang No. 20 tahun 2003Tentang System Pendidikan Nasional
Depdiknas. 2004, Pedoman Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning). Jakarta
Undang – Undang No. 14 tahun 2017 tentang guru dan dosen dan di dalam depdiknas (2004).
Sagala, 2009” konsep dan makna pembelajaran, bandung :CV. ALFABETA
Kemenritekdikti,2016” Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi” Direktorat jenderal