Pemanfaatan Model Belajar Window Shopping Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar

  • Angga Prasetyo Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
Keywords: Basic Concepts of Science; Learning Outcomes; Windows Shopping

Abstract

ABSTRAK

Model pembelajaran merupakan representasi maupun rencana yang digunakan dalam proses belajar dan mengajar oleh guru maupun siswa untuk mencapai tujuan pendidikan menggunakan pola/ prosedur yang sistematis. Berdasarkan skor Trends In International Mathematics and Science Study (TIMSS) dan Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2018 I ndonesia menempati peringkat dalam kategori rendah dalam hal literasi sains dan kemampuan sains sehingga dibutuhkan terobosan yang baru dalam pembelajaran, sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang interaktif agar membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, salah satunya model pembelajaran tipe windows shopping. Tujuan penelitian melihat pengaruh penerapan model windows shopping terhadap ketuntasan belajar dan peningkatan hasil belajar peserta didik, metode yang digunakan quassy experiment dengan pengambilan sampel secara purposive sampling dan analisis data menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran windows shopping pada materi konsep dasar IPA dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 0,78 yang termasuk kategori tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu penerapan model pembelajaran windows shopping juga dapat meningkatkan angka ketuntasan belajar pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan model pembelajaran windows shopping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi konsep dasar IPA.

Kunci Kunci : Konsep Dasar IPA; Hasil Belajar; Windows Shopping

ABSTRACT

The learning model is a representation and plan used in the teaching and learning process by teachers and students to achieve educational goals using systematic patterns / procedures. Based on the scores of Trends In International Mathematics and Science Study (TIMSS) and the Program for International Student Assessment (PISA) 2018, Indonesia is ranked in the low category in terms of scientific literacy and scientific abilities so that new breakthroughs are needed in learning, so a learning model is needed. which is interactive in order to make the learning atmosphere fun, one of which is the windows shopping type of learning model. The research objective was to see the effect of the application of the windows shopping model on learning completeness and the improvement of student learning outcomes. The method used was a quassy experiment with purposive sampling and data analysis using the N-gain test. The results showed that the windows shopping learning model on the basic concepts of science can improve learning outcomes by 0.78 which is in the high category compared to the control class. In addition, the application of the windows shopping learning model can also increase the learning completeness rate of students. Based on the research results, it was found that the windows shopping learning model can improve student learning outcomes in the basic concepts of science material.

Keyword : Basic Concepts of Science; Learning Outcomes; Windows Shopping

References

Dickey, E. M. (2013). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Encyclopedia of Educational Reform and Dissent, 562–569.https://doi.org/10.4135/9781412957403.n438
Herawati, L., Biologi, M. P., Pascasarjana, P., Bengkulu, U. M., Kritis, B., Reading, C. I., Team, S., & Division, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 09 Lebong. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneunship Vi, 1–9. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/211
Indriwati, S. E., Susilo, H., & Anggrella, D. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study pada Matakuliah Keanekaragaman Hewan untuk Meningkatkan Kecakapan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 38–46.
Jarre, A. R., & Bachtiar, S. (2017). Aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa meningkat melalui penerapan model jigsaw. Jurnal Biologi & Pembelajarannya, 4(1), 26–33. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/biologi/article/view/672/475
Nurdjannah. (2019). Keaktifan, P., Hasil, D. A. N., & Siswa, B. 2(2), 63–74.
Prasetyo, A. D., & Sasongko, H. (2014). Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol 96% Kulit Buah Manggis (Garcinia mangostana L.) Terhadap Bakteri Shigella dysenteriae dan Bacillus subtilis Sebagai Materi Pelajaran Biologi SMA Kelas X untuk Mencapai Kompetensi Dasar 3.4 Kurikulum 2013. Jupemasi-Pbio, 1(1), 98–102.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388
Rasidi, M. A., & Nuruddin. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Windows Shopping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGMI UIN Mataram. Jurnal Elementary, 2(2), 31–33.
Riyanto, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Drible Bola Basket. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 2(01), 59–67. https://doi.org/10.35724/mjpes.v2i01.2069
SANTOSO, H., RIYANTO, P., & ... (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Taeching) Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa. … Dan Ilmu Pendidikan, 4(02), 68–80. http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/289
Wihartanti, L. V. (2017). -Issn 2337-4721. Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(1), 37–46.
Yetti, R. (2018). Model Window Shopping Dalam Pembelajaran Membandingkan Teks Ulasan Film Pada Siswa Kelas Xi Tkr Smk Negeri 5 Pekanbaru. Journal on Education, 01(01), 75–82. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/24
Yuhanna, W. L., & Retno, R. S. (2016). the Learning of Science Basic Concept By Using Scientifiq Inquiry To Improve Student’S Thinking, Working, and Scientific Attitude Abilities. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i1.2703
Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019). Green Chemistry Based Interactive Multimedia on Acid-Base Concept. Journal of Physics: Conference Series, 1364(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1364/1/012006
Zumroh, N., Rahayu, E. S., & Dewi, N. K. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Window Shopping dan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada Materi Ekosistem. Journal of Biology Education, 7(2), 221–225. https://doi.org/10.15294/jbe.v7i2.24269
Published
2021-10-24
How to Cite
Prasetyo, A. (2021). Pemanfaatan Model Belajar Window Shopping Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar. PEDAGOGIKA, 12(2), 184-193. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.782
Section
Articles