Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara Model Kooperatif NHT dengan Model Konvensional pada Mata Pelajaran PAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT pada pembelajaran PAI, hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran PAI, dan perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen. Teknik penentuan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah 30 siswa. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar dengan jumlah 30 butir soal. Analisis data menggunakan analisis deskriptif serta uji t sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT terdapat 80% siswa tuntas dan 20% siswa tidak tuntas dengan perolehan nilai rata-rata kelas 71,8, hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran konvensional terdapat 73,3% siswa tuntas dan 26,6% siswa tidak tuntas dengan perolehan nilai rata-rata kelas 65,3 selain itu tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran PAI kelas X. Hal ini ditunjukkan dari output hasil uji t sampel independen diperoleh nilai signifikansi 0,188 > 0,05 sehingga Ho diterima.
References
Anatalie. 2008. Coopetative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Aunurrahman. 2010. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Firmansyah, Yopie, I. Mahardika, and Abdul Gani. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Berbantuan Media Simulasi PheT Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa SMA Di Jember.” Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember 6(1):97–102.
Hardianty, H. 2016. “Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Treffinger Dengan Model Konvensional (Ceramah) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Labakkang Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Hidayat, M. Yusuf, Ina Rosdiana Lesmanawati, and Djohar Maknun. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Dan Extending) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Di Kelas X SMAN 1 Ciwaringin.” Scientiae Educatia 3(2):111–24. doi: 10.24235/sc.educatia.v3i2.544.
Ibrahim, Muslim. 2001. Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.
Mauli Diana, Luluk. 2018. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Video Terhadap Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Islam Al-Hidayah Kaliwates Jember. Vol. 3.
Mulyana, MA, N. Hanifah, AK Jayadinata-Jurnal Pena Ilmiah, and Undefined 2016. 2016. “Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya.” Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya 1(1):331–40. doi: 10.23819/pi.v1i1.3039.
Purnamasari, Evi Lia. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung.” IAIN Tulungagung.
Rahayu. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Riduwan. 2016. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulfiani, Ridha. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( NHT ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Watampone ( Studi Pada Materi Pokok Struktur Atom , Sistem Periodik Unsur Dan Bentuk Molekul ) Application.” Jurnal Chemica 17(1):1–13.
Susanti, Ita. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di MTs Muhammadiyah 2 Palembang.” UIN Raden Fatah Palembang.
Susanto, MP Ahmad. 2016. “Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.”
Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Copyright (c) 2021 Hadi Rusadi, Nur Inayah Syar, Abdul Qodir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




