Peran Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Dalam Jaringan di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 telah berlangsung selama 1 tahun. Sejak saat itu, proses kegiatan belajar mengajar pun mengalami perubahan. Proses belajar Dalam Jaringan (Daring) menjadi solusi dari pemerintah untuk menekan angka penyebaran dari virus tersebut. Akan tetap pada praktiknya, guru, murid serta orang tua khususnya merasa kewalahan dalam melaksanakan proses Daring tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam proses belajar Daring di masa Covid-19 serta faktor yang mempengaruhi pembelajaran daring bagi anak. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan analisa kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan kepada 10 orang tua (3 ayah dan 7 ibu). Hasil menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran ekstra selama masa pandemi berlangsung. Adapun peran orang tua dalam proses belajar daring antara lain mengawasi anak selama menggunakan gadget, mendampingi anak mengerjakan tugas sekolah, menjalin komunikasi yang baik dengan anak, memberikan edukasi serta menciptakan lingkungan bersih aman dan nyaman bagi anak.
Kata Kunci : Peran Orang Tua; Masa Pandemi Covid-19;
ABSTRACT
The Covid-19 pandemic has been going on for 1 year. Since then, the teaching and learning process has changed. The online learning process is a solution from the government to reduce the spread of the virus. However, in practice, teachers, students and parents in particular feel overwhelmed in carrying out the Online process. This study aims to determine the role of parents in the online learning process during the Covid-19 period and the factors that influence online learning for children. This research uses case study method using descriptive qualitative analysis. This research was conducted to 10 parents (3 fathers and 7 mothers). The results show that parents have an extra role during the pandemic. The role of parents in the online learning process includes supervising children while using gadgets, assisting children with school assignments, establishing good communication with children, providing education and creating a clean, safe and comfortable environment for children.
Keywords : The Role of Parents; The Covid-19 Pandemi Period;
References
Alavi, M. and Leidner, D.E. (1997). Knowledge Management and Knowledge Management Systems: Conceptual Foundations and Research Issues. MIS Quarterly, 25 (1), 107- 136.
Alwasilah, A. C. (2002). Pokoknya kualitatif : dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Pustaka Jaya.
Ansori. (2020). Peran Kepala Sekolah di Saat Pandemi Covid-19. Www.Pintar.Tanotofoundation.Org. https://www.pintar.tanotofoundation.org/peran-kepala-sekolah-di-saat-pandemicovid-19
Bungin,Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
C. L. Dillon and C. N. Gunawardena, “A framework for the evaluation of telecommunications-based distance education,” in Selected papers from teh 17th World Congress of the International Council for Distance Education, 1995
Cahyati,N.,& Kusumah, R.2020.Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Ruma.Universitas Hamzanwadi: Jurnal Galden Age
Hatimah, I. (2016). Keterlibatan Keluarga Dalam Kegiatan Di Sekolah Dalam Perspektif Kemitraan. Pedagogia, 14(2), 290–297. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i2.3878
Hyoscyamina, D. E. (2011). Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Psikologi, 10(2), 144–152. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.10.2.144-152
Irhamna.2016.Analisis Kendala yang Dihadapi Orangtua dalam Menanamkan Akhlak dan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Darusalam Kota Bengkulu. Pembelajaran Alqur’an Hadits Man Pagar Alam
Iriani,D.2014.101 Kesalahan Dalam Mendidik Anak.Jakarta:PT Elex Media Komputindo
Irma, C.,Nisa K.,&Sururiyah,S.2019.Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ddi TK Masyitoh Purworejo.Jurnal Obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini,doi:https//dog.org/1031004/obsesi.v31i.152
Jones,K.,& Sharma,R.2019.Imagining A Future For Online Learning.New York
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Menjadi Orang Tua Hebat Untuk Keluarga dengan Anak Usia Dini. In My Hero (Vol. 98, Issue 25). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ttp://118.98.227.114/glnsite/wpcontent/uploads/2017/09/Juknis_PAUD.pdf
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Waktu Berkualitas Bersama Anak. Sahabat keluarga. Kemdikbud. go. id. https://sahabat keluarga. kemdikbud. go.id/laman/uploads/Dokumen/4483_2017-02-13/Waktu Berkualitas Bersama Anak.pdf
Lathifah, Z. K., & Helmanto, F. (2019). Orang Tua Sebagai Panutan Islami Untuk Anak. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 131. https://doi.org/10.30997/dt.v6i2.2129
Lestari,A.,Gunawan.2020.The Impact of Covid-19 Pandemic on Learning Implementation of Primary and Secondary School Levels.Indonesiam jurnal of Elementary and Childhood Education.
Master,A.,&Walton,M,G.2012.Minimal Group Increase Young Children’s Motivation and Learning on Group-Relevant Tasks. Willy Online Library.https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2012.10867.x.di akses 3 November 2020
Mattewakkang, A. J. (2020). Arah Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 (Refleksi Hari Pendidikan Nasional). Takalarterkini.Com. http://takalarterkini.com/arahpendidikan-di-masa-pandemi-covid-19-refleksi-hari-pendidikan-nasional
Murtiningsih, D. (2013). Peran Orangtua Dalam Kegiatan Bermain Anak Usia Dini (4-6 Tahun) Di Rumah. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 1–21. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 2021 | 255 http://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/5421
Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur Abstrak. 5(1), 177–186. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529
Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.196
Prasetyono, D. S. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Think Jogjakarta.
Puspitawati, H. (2018). Ekologi Keluarga: Konsep dan Lingkungan (1st ed.). IPB Press
Sofyan, I. (2019). Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif dalam Keluarga. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 41. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.241
Tabiin.2020.Problematika Stay at Home Pada Anak Usia Dini Ditengah Pandemi.Jurnal Golden Age.
Taylor. 1975.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remadja Karya
Yin, R. . (2003). Case Study Research: Design and Methods. 3rd Edition, Sage, Thousand Oaks. Open Journal of Social Sciences.
Copyright (c) 2021 Dede Gustian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




