PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS II SD MELALUI METODE DONGENG

  • Pupung Puspa Ardini
Keywords: Kemampuan komunikasi, kelas II SD, metode dongeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas II Sekolah dasar melalui pelaksanaan metode dongeng. Melalui dongeng siswa akan banyak menyimak perbendaharaan kata baru dan juga berinteraksi dengan pendongeng sehingga kemampuan berkomunikasi siswa dapat meningkat. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDIT AlHusna Bekasi Utara, Jawa Barat. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas atau Classroom Action Research. Terdiri dari 2 siklus. Dari hasil tindakan dari siklus pertama (1) dan kedua (2) terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut terlihat dari perbedaan rata-rata skor aktivitas anak pada siklus 1 dan siklus 2. Adapun peningkatan tersebut pada  siklus 1 memperoleh skor 63 pada kriteria cukup aktif dan siklus kedua skornya meningkat menjadi 97 termasuk kriteria sangat aktif selain itu harapan lain adalah program kegiatan berdongeng dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran untuk siswa kelas II SD dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.

Author Biography

Pupung Puspa Ardini

Pendidikan Anak Usia Dini

References

Ahira, Anne. “Pengaruh Cerita Dongeng Terhadap Mental dan Prestasi Sebuah Bangsa” Artikel (www.senimusikdananak.blogspot.com, diunduh pada 3 Desember 2010)
Al-Qudsy,Muhaimin dan NurHidayah, Ulfah, 2010.Mendidik anak Lewat Dongeng ,Yogyakarta : Madania.
Astuti, Marfuah Puji,“ Dongeng aktifkan Simpul Syaraf” Jurnal (http://tanayasho.multiply.com/journal?page_start:20 diunduh pada 27 april 2011)
Bakhtiar, Amsal. 2008.Filsafat Ilmu .Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada,
Beverly, Eisel. 1991.Managing The Whole Language Classroom ,Creative Teaching Press.
Bredekamp, Sue, Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs Serving Children From Birt Trhough Age 8 (Washington : National Association for The Education of Young Children,/’op 1992)
Carton, Carol E dan Allen, Jan. 1999.Early Childhood Curriculum a Creative-Play Model USA : Prentice-Hall Inc.
Cendana, Rawittri, “Pendekatan Pembelajaran Apresiasi Dongeng dengan Media Visual Manipulatif Boneka”Jurnal Pendidikan (Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010), h.4
Crain, William, 2007.Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi .Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Dardjowidjojo, Soenjono, 2010,Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia (Jakarta ; Yayasan Obor Indonesia.
Dariyo, Agoes. 2007Psikologi Perkembangan ,Bandung : PT. Refika Aditama,.
Dean, Joan. 2005.The Effective Primary School Classroom,London : Routledge Falmer.
Effendy, Ojong Uchjana, 2006,Ilmu Komunikasi teori dan praktek,(Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Einon, Dorothy. 2006.Learning Early, Jakarta : Dian Rakyat.
Eko Muchayat, “Teknologi, Budaya Baca dan Dongeng” Jurnal Radar Banten (http://nuliswae.multiply.com/journal/item/12 diunduh pada 27 April 2011)
Eliason dan Jenkins, 2008.A Practical Guide to Early Childhood Curriculum Ohio : Pearson.
Fogharty, Robin, 1991. The Mindful School:How to Integrate The Curricula,Illinois : Iriskylight.
H. Baharrudin dan Wahyuni, Esa Nur. 2009.Teori Belajar dan Pembelajaran ,Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Hamidi, 2007.Metode Penelitian dan Teori Komunikasi,Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.
Hawadi, Reni Akbar, 2001, Psikologi Perkembangan Anak ,Jakarta : PT. Grasindo.
Hernawati, Tati “Pengembangan Kemampuan Berbahasa dan Berbicara Anak Tunarungu” Jurnal (Jassi_Anakku Volume 7 Nomor 1, Juni 2007)
Hoff, Erika. 2005.Language Development ,United States of America : Thomson Learning.
Huck, Charlotte S. dkk, 1987.Children Literature in the Elementary School ,USA : Holt, Rinehart and Winston Inc.
Jalongo, Mary Renck. 2007. Early Childhood Language Arts ,USA : Pearson.
Jamaris, Martini, 2009,Kesulitan Belajar, Perspektif, Assesmen, dan Penganggulangannya Jakarta : Yayasan Penamas Murni.
Jarolimek, John. 1986.Social Studies in Elementary Education.Macmillan Publishing Company.
Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran SD-MI, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, 2006.
Kusmiadi, Ade. “Strategi Pembelajaran PAUD melalui Metode Dongeng bagi Pendidik PAUD” Jurnal Ilmiah Visi PTK-PNF,Jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/3208198203.pdf diunduh pada 27 April 2011.
Mulyadi, Seto, “Ayo Mendongeng!”Nakita No. 604/TH.XII, 25-31 Oktober 2010.
Nugroho, Hadi Setyo, “Pengaruh Komunikasi, Pengelolaan Kelas, dan Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika” Jurnal Pendidikan (Hadisetyo.wordpress.com, 19 November 2009) diunduh pada 3 November 2010
Nur’ain, Farida, 2007. Pedoman Mendongeng untuk Orang tua dan Pendidik, Surakarta:Afra.
Nurani, Yuliani, 2009.Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini .Jakarta : PT. Indeks.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006
Priyono, Kusumo. 2006.Terampil Mendongeng, Jakarta : Grasindo.
Raines, Shierly C.dan Canady, Robert J.1990.The Whole Language Kindergarten ,New York : Teacers College Press.
Ralibi, Imam Maliki, 2008, Fun Teaching ,Cikarang : Duha Khazanah.
Santrock, John W. 2009.Psikologi Pendidikan (Educational Psychology) Jakarta : Salemba Humanika.
Sawyer, Walter E. dan Comer, Diana E. 1996,Growing Up with Literature,Delmar Publishers.
Scwartz, Judith I. 1993.Encouraging Early Literacy .Porthsmouth, New Hempshire.
Soedjatmiko, et all, Masalah Sosial Budaya 2000, (Yogyakarta : Tiara Wacana, 2000), h.66
Sundari, Siti, “Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menyimak, Membaca, dan Menulis Bahasa Inggris di SMP 1 Jember” Jurnal (Jurnal.pdii.lipi.go.id diunduh pada tanggal 17 Maret 2011)
Suprapto, Tommy. 2006,Pengantar Teori Komunikasi ,Yogyakarta : Media Pressindo.
Tebba, Sudirman, 2008.Filsafat dan Etika Komunikasi ,Tangerang : Pustaka Irvan.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta : Absolute, 2003), h.9 dan 26
Warren , “ Once Upon a time : The learning experiences of Novice English second language students with fairy tale”, Tesis (home.moravian.edu/public/educ/eddept/mEd/thesis.htm diunduh pada 6 Desember 2010)
Woolfolk, Anita, 2007. Educational psychology ,Pearson Education Inc.,
Zuchdi,Darmiyati dan Budiasih, 1997.Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah ,Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,
Published
2019-12-30
How to Cite
Pupung Puspa Ardini. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS II SD MELALUI METODE DONGENG. PEDAGOGIKA, 9(2), 242-260. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i2.93
Section
Articles