Implementasi Media Pembelajaran Domino Braille dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Tunanetra

Indonesia

  • Lediana Rosa Rosmino Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • ST Asdianti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Resky Rahmayanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Resky Rahmayanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Fitriani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
Keywords: Berhitung, Domino Braille, Tunanetra

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (class room action research) yang meliputi tahapan-tahapan pelaksanaan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dengan tujuan untuk mengetahui meningkatnya motivasi belajar siswa tunanetra Sekolah Dasar SLB Negeri 1 Makassar dengan menerapkan media pembelajaran domino braille. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis secara kualitatif dan analisis secara kuantitatif dengan data yang diperoleh dari pelaksanaan observasi selama penelitian. Ketuntasan belajar siswa tunanetra di sekolah termasuk dalam kategori belum tuntas. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat sehingga termasuk dalam kategori tuntas. Ini menandakan bahwa ketuntasan belajar siswa tunanetra pada siklus II mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan. Namun hasil yang dharapkan pada siklus II belum sesuai target maka dilakukan refleksi untuk perbaikan pada siklus III. Ketuntasan belajar siswa tunanetra di sekolah pada siklus III sehingga diperoleh data  termasuk dalam kategori tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran domino karakter dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran berhitung siswa tunanetra sekolah dasar SLB Negeri 1 Makassar selama proses pembelajaran.  

References

Karnadi. 2018. Pengembangan Media Monopoli Braille pada Pelajaran Matematika dalam Materi Operasi Hitung Campur bagi Peserta Didik Tunanetra Kelas V SDLB Negeri Lamongan. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Kurniawan, I. 2015. Implementasi Pendidikan Bagi Siswa Tunanetra Di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan Islam. 4: 1051-1052.

La’lang, D. M. 2016. Pemanfaatan Bola Sebagai Alat Peraga Untuk Membantu Siswa Sekolah Luar Biasa Tunanetra (SLB A) Memahami konsep perkalian. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Nurfitriyanti, M., dkk. 2016. Penggunaan Alat Peraga Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. 1 (2): 249.

Rahmalia, I. 2019. Yuk, Kita Intip Cara Belajar Siswa Tunanetra. https://bobo.grid.id/amp/081645990/yuk-kita-intip-cara-belajar-siswa-tunanetra?page=all. Di akses tanggal 30 Juni2020 pada pukul (15.17).

Rindiani dan Irdamurni. 2019. Media Blokjes untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Anak Tunanetra. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus. 7(1) : 149.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan 20. Alfabeta. Bandung.

Published
2021-10-24
How to Cite
Rosmino, L. R., Asdianti, S., Rahmayanti, R., Rahmayanti, R., & Fitriani. (2021). Implementasi Media Pembelajaran Domino Braille dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Tunanetra . PEDAGOGIKA, 12(2), 176-183. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.949
Section
Articles