Pentingnya keterampilan TIK guru PAUD pada abad 21
Abstract
Teknologi berkembang begitu pesat, di abad 21 ini teknologi bukan lagi menjadi sesuatu yang sulit ditemui. Para milenial mendominasi penggunaan TIK dalam kesehariannya. Tak jarang anak usia dini lebih pandai menerapkan TIK dari pada orang tua atau gurunya. Anak usia dini tergolong generasi digital natif. Generasi digital natif ditandai dengan kemudahan anak mengakses dan berinteraksi dengan peralatan digital sejak dini. Guru PAUD dituntut memiliki kreativitas di dalam mengajar, jika guru masih mengguakan cara lama atau pembelajaran tradisonal di abad 21, maka kemungkinan anak kurang antusiasme di dalam kegiatan pembelajaran. Kondisi tersebut, menjadi dasar dilakukan pengamatan. teknologi, akan tetapi diperlukan juga subtitusi untuk anak. Pengamatan ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Dari pengamatan ini diperoleh hasil bahwa guru TK yang tidak terampil TIK cenderung pasif dan memiliki minat rendah dalam mengasah kemampuan TIK. Hal ini nampak dari wawancara dan obeservasi yang telah dilakukan pada beberapa narasumber. Teknik analisa data yang digunakan yaitu penjodohan pola dan pembuatan penjelasan untuk memaknai kondisi pada TK.
References
Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran paud. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–12.
Hermanto, Marsudi, Subali, E., & Hendrajati, E. (2018). Efektifitas tik untuk peningkatan proses belajar mengajar di paud, tk dan madrasah diniyah “mamba’ul hisan Dusun Sekargadung, Desa Balerejo II, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. IPTEK Journal of Proceedings Series, 5, 77–84.
Ismaniati, C. (n.d.). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran.
Kurniati, Yusnita, I., & Sukrilah, R. (2018). Pemanfaatan multimedia dan pemilihan konten bahan ajar multimedia pada pendidikan anak usia dini. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan (pp. 1–10).
Muhtadi, A. (2006). Pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas pendidikan.
Sufa, F. F., & Setiawan, H. Y. (2017). Analisis kebutuhan anak usia dini usia 4-6 tahun pada pembelajaran berbasis komputer anak usia dini. Research Fair UNISRI, 1(1), 14–31.
UNDP. (2016). Human development report 2016 human development for everyone.
Copyright (c) 2021 Shin Prathiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
							
							



