Faktor Penyebab Kenakalan Remaja Di Desa Huntu Barat

  • Safrin Poha Universitas Negeri Gorontalo
  • Rusdin Djibu Universitas Negeri Gorontalo
  • Yakob Napu Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Faktor Penyebab Kenakan Remaja

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor penyebab kenakalan remaja di Desa Huntu Barat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kenakalan remaja di Desa Huntu Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, pengumpulan data merupakan hasil dari observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa faktor-faktor penyebab kenakalan remaja antara lain, kondisi keluarga yang berantakan (Broken home), Hubungan suami yang tidak sejalan atau seirama yakni ditandai dengan pertengkaran, percekcokan, maupun konflik terus menerus, kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua, adalah orang tua yang lebih mengutamakan pekerjaannya dan menyerahkan tanggung jawab anak kepada keluarga lain, status sosial ekonomi orang tua rendah, tidak terpenuhnya kebutuhan ekonomi, anak-anak tidak mampu menyelesaikan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan kondisi keluarga yang tidak tepat contohnya adalah orang tua menerapkan disiplin terhadap anak-anak berarti harus dilakukan secara tegas, keras tidak dikenal kompromi serta tidak mengenal belas kasihan kepada anak.

References

Willis, Sofyan S. 2017. Remaja dan masalahnya. Bandung: alfabeta

Juli, Andriyani. 2020. Peran Lingkungan Keluarga dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. 3(1):93-94

Lilis, Karlina. 2020. Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. 2(1):150-153

Dewi, Tri Yustika, Meilanny Budiarti, dan Budhi Wibhawa. (2007). Faktor penyebab tergabungnya remaja kota Bandung dalam komunitas kenakalan remaja. Jurnal Sosial Work, 7(1), 15.

Aviyah, Evi dan Muhammad Farid. (2014). Religius, kontrol diri, dan kenakalan remaja. Jurnal Psikologi Indonesia, 3(2), 127.

Khalkoh, Fitrah. 2017. “Upaya tokoh masyarakat dalam menanggulangi kenakalan remaja”. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Banda Aceh.

Sumara, Dandan, Suhadi Humaedi, dan Meilanny Budiarti Santoso. 2017. Kenakalan remaja dan penanganannya. Jurnal Penelitian dan PPM, 4(2), 350.

Darjat. Zakiyah. 2015. Remaja harapan dan tantangan. Jakarta: CV. Ruhama.

Published
2022-02-28
Section
Articles