Dampak Game Online Mobile Legends Terhadap Perilaku Sosial Remaja
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang Dampak Game Online Mobile Legends terhadap Perilaku Sosial Remaja Di Desa Timbuolo Tmur Kecamatan Botupingge Kabupaten Bonebolango. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, dan tehnik wawancara. Pemilihan informan dilakukan secara Porposif. Informan dalam penelitian tersebut adalah pemain game online mobile legends, orang tua, dan juga pemilik pemilik game online tersebut. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mereduksi data, penyajian, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitan ini menggunakan ketekunan pengamatan, serta menggunakan referensi yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dampak game online mobile legends lebih dominan adalah dampak negatif dan kurangnya dampak positif. Dampak tersebut di lihat dari perilaku remaja yang sering bermain game online mobile legends dan meliputi aspek sosial dan psikis saran dalam penelitian ini adalah para remaja harus lebih bijak lagi mengunakan waktunya dalam bermain game online. Selain itu para orang tua juga harus mampu mengawasi serta mengontrol segala perilaku yang dilakukan oleh anak.
References
Ahmadi, R. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz media.
Damara, M.A (2013). “Dampak Game Online Terhadap Perkembangan Anak.Jurnal Pendidikan, vol 1, 3-10.
Enterprise. (2015). Mengenal Dasar-dasar Pemograman Android. Jakarta: Alex Komputindo.
Fauziah. (2013). Pengaruh game online terhadap Perubahan Perilaku Anak SMP Negeri 1 Samboja. Jurnal Ilmu Komunikasi, vol 3, 1-16.
Hadisuprapto, P. (2004). Studi Tentang Makna Penyimpangan Perilaku di Kalangan Remaja. Jurnal Kriminologi, vol 3, 10-11.
Kusuandari, P.S. (2015) Game Online Sebagai Pola Perilaku. Jurnal Pendidikan, vol 4, 156.
Kusumawardani, Syahrul. 2015. Game Online Sebagai Pola Perilaku (Studi Deskriptif Tentang Interaksi Sosial Gamers Clash)
Lumban, T.G (2012). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Tehnik Universitas Indonesia (skripsi dipublikasikan). Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan UI.
Misnawati. 2016. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Kecanduan Game Online Pada Siswa-Siswi Di Smp Yps (Yayasan Pendidikan Samarinda). Vol 4 No. 2
Sarwono, S.W. (2010). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.
Soetjiningsih. (2010). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahnya. Jakarta: CV Agung Seto.
Copyright (c) 2021 Andriyanto Hasan, Abdul Rahmat, Yakob Napu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.