Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Anak Usia Dini di PAUD Aulia Indah Desa Bongo di Kabupaten Boalemo

  • Fatmah Daud Universitas Negeri Gorontalo
  • Abd Hamid Isa Univeristas Negeri Gorontalo
  • Yakob Napu Univeristas Negeri Gorontalo
  • Endah Setiyowati Univeristas Negeri Gorontalo
Keywords: Pengaruh, Kemandirian, Anak Usia Dini, Pengasuhan, Perilaku

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian Anak Usia Dini di paud Aulia Indah Desa Bongo II Kabupaten Boalemo. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, dokumentasi, dan teknik wawancara.Dari hasil penelitian ini bahwa faktor-faktor yang  mempengaruhi kemandirian anak usia dini di Paud Aulia Indah Desa Bongo II Kabupaten  Boalemo dipengaruhi oleh lima faktor yaitu faktor lingkungan, faktor pola asuh, faktor pendidikan, faktor interaksi sokial, dan faktor intelegensi.Dari kelima faktor tersebut yang  dominan mempengaruhi kemandirian anak usia dini adalah faktor interaksi social yaitu interaksi anak dengan teman-temannya serta interaksi anak dengan orang dewasa. Dan faktor intelegensi yaitu proses penentuan sikap anak dan proses pengambilan keputusan anak.

Saran dalam penelitian ini tenaga pendidik (tutor) diharapkan dapat membantu kesulitan dan hambatan yang dialami anak didik pada saat proses pembelajaran, selanjutnya kepala Paud diharapkan dapat menjalin hubungan dengan pihak-pihak terkait agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik serta sehingga dapat meningkatkan fasilitas sarana prasarana yang belum memadai. Selanjutnya untuk orang tua diharapkan mampu bekerjasama dengan pihak paud agar dapat saling membantu dalam meningkatkan kemandirian anak.

 

Author Biography

Fatmah Daud, Universitas Negeri Gorontalo

Assalamualaikum. Saya Fatmah Daud NIM 121415003 izin memasukkan artikel hasil skripsi

References

DAFTAR RUJUKAN

Lestari Mila. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 8 hlm 6.

Mustari Mohamad. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Nurfitri, (2021). Pola Asuh Demokratis dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STIKP Siliwangi Bandung. Volume 7 hlm 1.

Restiani. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis dengan Kemandirian Anak di Kelompok A Paud IT Bina Iman Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Potensia. Volume 2 hlm 1.

Susanti. (2017). Korelasi Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Pola Asuh terhadap Kemandirian Anak dalam Keluarga. Jurnal Elektronik Mahasiswa S1 PLS FIP UNY. Volume 6 (1).

Setiani A. Winda. (2022). Peranan Orang Tua dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Wahyuni. (2022). Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi:Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 6 hlm 4.

Yamin, M. & Sanan, J.S. (2010).Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada Press.

Published
2023-08-31
Section
Articles