Kearifan Lokal Walima Sebagai Modal Sosial Masyarakat

  • ibrahim I. Umar Universitas Negeri Gorontalo
  • Yakob Napu Universitas Negeri Gorontalo
  • Icam Sutisna Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Kearifan lokal, walima, modal sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kearifan lokal walima sebagai modal sosial dalam pengembangan masyarakat di desa langgula kecamatan batuda’a pantai kabupaten gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kearifan local walima terdapat nilai, norma dan etika. Nilai dalam kearifan local walima ini menyangkut gotong royong, keikhlasan, silaturahmi, penghargaan dan kekeluargaan, selanjutnya norma dalam kearifan lokal walima menyangkut mendahulukan yang lebih tua dan memberikan bingkisan kepada pengunjung.  Terkhir dalam kearifan lokal walima terdapat etika dimana etika in imenyangku tmenggunakan peci dan memakai baju adat. Dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa nilai, norma dan etika sangat berpengaruh pada kearifan lokal walima. Tujan dari pengembangan masyarakat berbasis kearifan lokal yaitu untuk mencari tahu kontribusi kearifan local  walima pada pengembangan Masyarakat di DesaLanggula, Kecamatan Batuda’a Pantai

References

Kusnaedi. 2006. Pengertian Gotong Royong. Jakarta:Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya..

Nawawi, Hadari. 2003. Metode Penelitian Bidang Sosial, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Prior, R.L., Cao, G., Martin, A., Sofic, E., McEwan, J., O’Brien, C., Lischner, N., Ehlenfeldt, M., Kalt, W., Krewer, G., dan Mainland, C.M. 1998. Antioxidant Capacity as Influenced by Total Phenolic and Anthocyanin Content, Maturity and Variety of Vaccinium species. J. Agric. Food Chem. 46, Hal: 2686- 2693.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suyono Suyatno (2013). Revitalisasi Kearifan Lokal sebagai Upaya Penguatan Indentitas Keindonesiaan.Dalam internet online. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/136 6 diakses 23 April 2014.

Soerjono Soekanto. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar (Jakarta: Raja Grapindo Persada).

Published
2022-08-29
Section
Articles