Peran Filsafat Epistemologi dalam Penerapan P5 Pada Anak Sekolah Dasar

  • Ayu Fatimah Universitas Negeri Gorontalo
  • Hasim Hasim Universitas Negeri Gorontalo
  • Mohamad Zubaidi Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Epistemologi Filsafat, P5 (proyek penguatan profil pelajar Pancasila, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis peran epistemologi pada penerapan P5 di sekolah dasar, khususnya di SD Negeri 49 Dumbo Raya. Metode Kualitatif digunakan dalam penelitian ini dan Observasi untuk menganalisis peran epistemologi berdasarkan pandangan idealisme, realisme, pragmatisme, dan eksistensialisme, dalam pemahaman penerapan P5. Penelitian ini bermaksud mengeksplorasi bagaimana pengetahuan itu sendiri dapat diaplikasikan pada pendidikan dasar. Fokusnya adalah pada pemahaman bagaimana anak-anak memperoleh dan memproses pengetahuan melalui kegiatan proyek yang menghasilkan produk, dalam konteks pembelajaran P5 (proyek penguatan profil pelajar Pancasila). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap epistemologi filsafat memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendorong siswa untuk menguasai pembelajaran lintas disiplin dan berpikir kritis dalam mengeksplorasi serta mencari solusi untuk masalah di sekitar mereka melalui aktivitas proyek.

References

Albab, M. C. (2023). Implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk karakter religius dan kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah Demak. Universitas Islam Sultan Agung.

Alston, W. P. (1989). Epistemic justification: Essays in the theory of knowledge. Cornell University Press.

Ahmad Fauzi, W. N. (2024). Implementasi program merdeka belajar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar. Al Banin: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2024.

Audi, R. (2010). Epistemology: A contemporary introduction to the theory of knowledge (3rd ed.). Routledge.

Goldman, A. I. (1999). Knowledge in a social world. Philosophy and Phenomenological Research, 58(1), 179-182. https://doi.org/10.2307/2653435

Greco, J., & Turri, J. (2011). Virtue epistemology. The Stanford Encyclopedia of Philosophy (Fall 2011 Edition). Retrieved from https://plato.stanford.edu/entries/epistemology-virtue/

Noviyanti, A. I. (2023). Penerapan proyek penguatan profil pelajar Pancasila di TK Dharma Wanita Kencong berdasarkan modul P5. Journal of Elementary School (JOES).

Utomo, E., Darmuki, A., & Surachmi, S. (2024). Peran epistemologi filsafat dalam mengembangkan berpikir kritis bagi anak sekolah dasar. Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Dewi, S. (2022). Pengaruh model pembelajaran kombinasi terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 14(2), 87-96.

Hasan, R. (2021). Peran guru dalam implementasi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(1), 45-60.

Ade, R., & Syamsudin, M. (2023). Tantangan dan solusi implementasi pendidikan berbasis proyek di SD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(3), 124-135.

Wildan, S. (2022). Evaluasi metode pembelajaran aktif di era digital. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 7(2), 112-128.

Kementerian Pendidikan. (2022). Panduan kurikulum merdeka. Diakses dari https://kemdikbud.go.id.

Pratama, F. (2023). Pengaruh pembelajaran berbasis digital terhadap kemandirian belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 19(4), 78-90.

Published
2025-02-28
Section
Articles