Deskripsi Karakteristik Pembelajaran Orang Dewasa Pada Program Paket C Di SKB Kota Gorontalo

  • Pelia Abdullah Universitas Negeri Gorontalo
  • Ummyssalam A.T.A Duludu Universitas Negeri Gorontalo
  • Icam Sutisna Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pembelajaran Orang Dewasa, Program Paket C, SKB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan karakteristik Pembelajaran Orang Dewasa Pada Program Paket C di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Deskripsi Karakteristik Pembelajaran Orang Dewasa Pada Program Paket C adalah sebagai berikut: (1) Konsep diri, hal ini berhubungan dengan kesiapan belajar warga belajar dalam proses kegiatan pembelajaran Paket C, (2) Pengalaman Belajar, beberapa hal yang diperhatikan pada aspek ini yaitu menjadikan warga belajar sebagai sumber belajar adapun memberikan pengalaman baru untuk warga belajar (3) Kesiapan belajar mempengaruhi warga belajar mengalami perubahan dalam belajar (4) Orientasi belajar; mempengaruhi warga belajar dalam menerapkan apa yang sudah dipelajari selama proses pembelajaran berlangsung.

References

Depdinas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang sistem Pendidikan nasional.

Kamil. 2011, Pendidikan non formal, Bandung : Alfabeta.

Knowles, M.S, Elwod F. Holton III, and Richard A. Swanson, 2005. The Definitve Classic in Adult Education and Human Resourc, San Francisco: Berrett-Koehler.

Mu’arif, selamatkan pendidikan dasar kita, Semarang: NEED’S Press, 2009, cet.1.

Rifa’i. 2009, psikologi Pendidikan. Semarang Unnes Press.

Suprijanto, 2007. Pendidikan oramg dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijanto, 2012. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta : Bumi aksara.

Published
2022-02-28
Section
Articles