Deskripsi Karakteristik Pembelajaran Orang Dewasa Pada Program Paket C Di SKB Kota Gorontalo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan karakteristik Pembelajaran Orang Dewasa Pada Program Paket C di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Deskripsi Karakteristik Pembelajaran Orang Dewasa Pada Program Paket C adalah sebagai berikut: (1) Konsep diri, hal ini berhubungan dengan kesiapan belajar warga belajar dalam proses kegiatan pembelajaran Paket C, (2) Pengalaman Belajar, beberapa hal yang diperhatikan pada aspek ini yaitu menjadikan warga belajar sebagai sumber belajar adapun memberikan pengalaman baru untuk warga belajar (3) Kesiapan belajar mempengaruhi warga belajar mengalami perubahan dalam belajar (4) Orientasi belajar; mempengaruhi warga belajar dalam menerapkan apa yang sudah dipelajari selama proses pembelajaran berlangsung.
References
Depdinas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang sistem Pendidikan nasional.
Kamil. 2011, Pendidikan non formal, Bandung : Alfabeta.
Knowles, M.S, Elwod F. Holton III, and Richard A. Swanson, 2005. The Definitve Classic in Adult Education and Human Resourc, San Francisco: Berrett-Koehler.
Mu’arif, selamatkan pendidikan dasar kita, Semarang: NEED’S Press, 2009, cet.1.
Rifa’i. 2009, psikologi Pendidikan. Semarang Unnes Press.
Suprijanto, 2007. Pendidikan oramg dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.
Suprijanto, 2012. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta : Bumi aksara.
Copyright (c) 2022 Student Journal of Community Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.