Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter Anak Di Desa Poowo

  • Nurmaya Karim Universitas Negeri Gorontalo
  • Rusdin Djibu Universitas Negeri Gorontalo
  • Yakob Napu Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Peran Keluarga, Karakter, Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter Anak di Desa Poowo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran keluarga dalam pendidikan karakter anak di Desa Poowo, dilakukan oleh orang tua dengan cara memberikan nasihat dan menjadi contoh yang baik kepada anak. Namun hasilnya belum sepenuhnya berpengaruh terhadap perkembangan karakter anak. Hal ini disebabkan pengawasan yang dilakukan oleh orang tua masih kurang. Selain itu pemberian pendidikan karakter kepada anak dalam keluarga dilakukan setelah anak melakukan suatu kesalahan.

References

Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: UNS Press&Yuma Pustaka

Jamal Ma’mur A. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah.jogjakarta : DIVA Press

Kuswarno, Engkus. 2009. Metedologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi; Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitian, Bandung: Widya Padjajaran.

Khusna, Nur Laili, Nazaruddin Wahab, dan Riyanto M. Taruna. 2014. “Hubungan Bimbingan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa”. Pedagogik. Vol. 2 (7), Hlm. 3. Diakses pada 23 November 2015 (http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=315113).

Roeslin, Mohammad. “Kajian Islam Tentang Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak”, 9 No.2 2018.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Published
2022-02-28
Section
Articles