Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Iloheluma Kecamatan Kabila

  • Nurfadila Antula Universitas Negeri Gorontalo
  • Rusdin Djibu Universitas Negeri Gorontalo
  • Rapi Us. Djuko Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pendidik, Sosial Emosional, TK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Di TK Iloheluma Kecamatan Kabila. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa Observasi, Dokumentasi, dan wawancara. Analisi data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian dan  penarikan kesimpulan. Hasil penenlitian ini menggambarkan bahwa peran pendidik di TK Iloheluma masih perlu dioptimalkan lagi sesuai perannya sebagai pendidik yakni, Pendidk sebagai educator, Pendidik sebagai manager, Pendidik sebagai innovator, Sebagai supervisior,  Pendidik sebagai komunikator, Pendidik sebagai motivator

References

Ardy, N. (2014). Mengelola dan Mengembangkan sosial dan emosi anak usia dini. Yogyakarta:

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono, (2014). Metode penilitian Jakarta: Rineka Piteka Cipta.

Sugiono, 2005. Memahami penelitian kualitatif, Bandung: CV, Alfabeta

Musyarofah. (2016). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak

Syamsudin. (2014). Teori Perkembangan Sosial Emosional. Jakarta: Rineka Piteka Cipta.

Published
2022-02-28
Section
Articles