Efektivitas Media Video Pembelajaran Shalat dalam Meningkatkan Kemampuan Gerakan Shalat Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media video pembelajaran shalat dalam meningkatkan kemampuan gerakan shalat anak usia dini sebelum dan sesudah penerapan media video pembelajaran shalat. Desain yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest dengan pendekatakan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel secara ramdom sampling, yaitu sebanyak 24 anak usia 5-6 tahun di RA Takrimah. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi gerakan shalat, yang diberikan pada tahap Pretest dan Posttest. Hasil Pretest menunjukkan nilai sebesar 42,1 dengan rata-rata 1,75. Setelah diberikan perlakuan melalui tiga tahapan pembelajaran menggunakan media video dan penjelasan materi, hasil Posttest meningkat dengan nilai total 69,7 dan rata-rata 2,9. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan nilai signifikansi Pretest sebesar 0,819 > 0.05 dan Posttest sebesar 0,114 > 0.05, yang keduanya lebih besar dari 0,05 sehingga data dinyatakan berdistribusi normal. Selanjutnya, Uji t menunjukkan nilai thitung dan ttabel 11,049 > 2,067. Maka sig (2-tailed) 0,000 < 0.05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa media video pembelajaran shalat efektif dalam meningkatkan kemampuan gerakan shalat pada anak usia dini.
References
Anggreaena, Ginanto, Felicia, Andiarti, Herutami, Alhapip, Iswoyo, hartini, M. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 123.
Dr. Fatimah Djafar, S. P. M. S., Ingka Rizkyani Akolo, S. P. M. S., Apriliyanus Rakhmadi Pratama, S. S. M. S., Murtikusuma, R. P., & Suhardi, M. (2024). STATISTIKA PENDIDIKAN: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Penerbit P4I. https://books.google.co.id/books?id=Afb1EAAAQBAJ
Hadi, S. (2021). Pesan dari Langit 1. Penerbit A-Empat. https://books.google.co.id/books?id=qgJTEAAAQBAJ
Harisa, A., Ubaidillah, A., Alam, M., & Rachmawati, U. (2022). Efektivitas Media Audio dalam Mengenalkan Gerakan Sholat pada Anak Usia Dini. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(02), 120–134. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i02.835
Hayati, A. M. U. (2020). Shalat Sebagai Sarana Pemecah Masalah Kesehatan Mental (Psikologis). Spiritualita, 4(2). https://doi.org/10.30762/spr.v4i2.2688
Ifina Trimuliana, M. P., Zulfikar, M. P., Rahmat Permana, M. P., Kafkaylea, A., & Premium, C. (2022). AKTIVITAS FISIK SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. EDU PUBLISHER. https://books.google.co.id/books?id=g-tmEAAAQBAJ
Khadijah, Nurhalizah, R., & Rohani. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pelaksanaan Praktik Shalat Melalui Media Audiovisual Pada Anak Kelompok B di RA Al-Fazhira Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Raudhah, 8(1), 1–11. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah
Mufarrochah, S. P., Syaihul Muhlis, S. I. P. M. P., & Adab, P. (n.d.). MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (Teori dan Praktik). Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=zVXVEAAAQBAJ
Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.
Prajakusuma, M., Kurniah dan Delrefi, N. D., & Kurniah, N. (2016). Penerapan Metode Latihan (Drill) Berbantuan Audio Visual Untuk. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 67.
Purnama, Y. (2020). Shalatlah Sebagaimana Melihatku Shalat ! Tata Cara Shalat Sesuai Tuntunan Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. 1–267.
Rahayu Tresna Dewi, A., Astuti, P., & Gustiana, E. (2022). Pengaruh Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Sholat Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 220–225. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2054
Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
Sahara, S., Hardi, V. A., & Fauziddin, M. (2020). Upaya Meningkatkan Hafalan Bacaan Dan Gerakan Shalat Dengan Media Audio Visual (Video) Pada Anak Usia Dini Di Desa Gerbang Sari, Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Journal on Teacher Education, 2(1), 137–145. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1139
Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., & Ar-raniry, U. I. N. (2024). ENHANCING LINGUISTIC INTELLIGENCE : THE EFFECTS OF THE SHOW AND TELL METHOD ON 5-6 YEAR-OLDS ENHANCING LINGUISTIC INTELLIGENCE : THE EFFECTS OF THE SHOW AND TELL METHOD ON 5-6 YEAR-OLDS.
Zulkifli, A., Gusniati, J., Zulefni, M. S., & Afendi, R. A. (2025). dengan Tutorial uji normalitas dan menggunakan aplikasi SPSS uji homogenitas. 1(2), 55–68.
Copyright (c) 2025 Dhia Rahmadika, Nuraida Nuraida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






