Peningkatan Kemampuan Komunikasi Melalui Kegiatan Workshop Pada Anak Usia Dini

Komunikasi anak usia dini

  • Sarah Nabila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Masganti Sit Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Kemampuan Komunikasi, Workshop, Anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak melalui kegiatan workshop. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan komunikasi anak usia dini dengan mengedepankan kreativitas, interaksi sosial, dan pendekatan yang lebih menyenangkan.  Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus  yang meliputi perencanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak di TKQ Miftahul Jannah yang berjumlah 16 orang anak. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan komunikasi setelah diterapkan kegiatan workshop pada anak usia dini. Hail ini membuktikan bahwa komunikasi dengan bantuan kegiatan workshop boneka jari sangat efektif untuk anak usia dini dan lebih lancar dalam berkomunikasi. Penelitian ini merekomendasikan agar guru sebaiknya sering membuat kegiatan-kegiatan yang menarik agar kemampuan komunikasi anak teruk meningkat. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pendidikan anak usia dini untuk merancang program pembelajaran yang lebih terstruktur, kreatif, dan menyenangkan bagi anak-anak, khususnya dalam hal pengembangan komunikasi. Penelitian ini merekomendasikan agar guru lebih kreatif melakukan kegiatan workshop dan memanfaatkan berbagai media  khususnya dalam bercerita atau diskusi kelompok agar mendorong kegiatan anak untuk lebih berani dalam komunikasi, berinteraksi, dan menyampaikan ide.

References

Asrowi, A., & Fahriyani, F. (2022). Kemampuan Komunikasi Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bercerita Buku Bergambar. E-Jurnal Aksioma Al-Asas, 3(1). https://doi.org/10.55171/jaa.v3i1.639

Azmi, R., Astini, B. N., Rachmayani, I., & Fahruddin, F. (2023). Pengembangan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2557–2565. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1795

Christien Languju, M., Syaikhu, A., & Nadar, W. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Peningkatan Kemampuan Komunikasi Verbal melalui Project Based Learning. Prosiding Seminar NasionalPendidikan STKIP Kusuma Negara III, 74–82.

Haingu, R. M., & Leda, R. (2021). Workshop Tentang Media Pembelajaran Komunikasi Yang Baik Bagi Anak Usia Dini Pada TK Tunas Harapan Weetebula Di Masa Pandemi Covid-19. Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19, 651–657.

Hardiati, A., & Rangkuti, D. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Boneka Jari Terhadap Kemampuan Berbicara Anak di Paud Arifah Kec. Medan Perjuangan T.A 2021-2022. Education & Learning, 2(2), 127–129. https://doi.org/10.57251/el.v2i2.418

Istiharini. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Melalui Bermain Peran Pada Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Aikmel. Jurnal Edukasi Dan Sains, 1(2), 176–196.

Muazar Habibi, M., Kadir Jaelani, A., & Nilawati Astini, B. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 123–130. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2356

Musrina, & Sherly. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Dengan Menggunakan Media Boneka Jari Pada Anak Kelompok B Di Tk Negeri 9 Kota Sabang. 4(1), 1–11.

Noviyanti, R. F., & Millah, S. (2019). Peningkatan Perkembangan Bahasa. Tarbiyah Al-Aulad |, 4(1), 87–96.

Nurannisa, N., Iyan Royani, & Ulfah Aisyah. (2023). Komunikasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Salsabila Kabupaten Ciamis. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 168–174. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2038

Putri, M. S., & Yudha, R. P. (2023). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Jari. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6101–6107. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2516

Rahiem, M. D. H. (2021). Storytelling in early childhood education: Time to go digital. International Journal of Child Care and Education Policy, 15(1). https://doi.org/10.1186/s40723-021-00081-x

Rahmawati, F., Damayanti, M., & Aprilia, C. (2023). Upaya Meningkatkan Keberhasilan Belajar Anak Melalui Komunikasi Efektif. Jurnal Smart Paud, 6(1), 42–52.

Ramadan, G., & Juniarti, Y. (2020). Metode penelitian: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D.

Ramdani, H., Sopiatun, M., & Wijayanti, H. (2023). Workshop Pembuatan Alat Permainan Edukatif (Ape) Dalam membantu Perkembangan Motorik Kasar Anak Di tsa Samuphahita Kota Malang. 3(12). https://doi.org/10.17977/um067.v3.i12.2023.5

Rohmani, I. (2019). Penerapan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kreativias Anak Usia Dini.

Sit, M., Sitorus, M., Triowati, T., & Sitorus, J. (2024). Optimizing Early Childhood Communication Skills Through Question Board Media. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.24260/albanna.v4i1.1988

Sriyanti, S., & Putri, N. D. A. (2023). Implementasi Media Boneka Jari Melalui Kegiatan Bercerita Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(1), 51. https://doi.org/10.33394/jtni.v9i1.7297

Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 67. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.582

Sumbawa, R. O., Munawar, M., & Dewi Sagala, A. C. (2022). Pola Komunikasi Guru Dalam Menstimulasi Kemampuan Hots Pada Anak Usia 5 - 6 Tahun Di Paud Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 538–547. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i2.13245

Sundari, E. (2024). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252

Veryawan, V., & Jellysha, J. (2020). Kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun melalui permainan kata orak-arik. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i1.1455

Wiratnaningsih, W. (2021). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun Ditinjau dari Aspek Sintaksis dan Pragmatik di TK Anggrek Kencana Batang. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 107–112. https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.45

Published
2025-07-30