Gambaran Gejala Stress Akademik pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring
Abstract
Pembelajaran daring merupakan metode pembelajaran yang dilakukan secara online semenjak terjadinya pandemi covid-19 di Indonesia. Selama pembelajaran daring diberlakukan terdapat kendala maupun hambatan yang dirasakan oleh mahasiswa. sehingga terdapat mahasiswa yang mengalami stress akademik selama mengikuti pembelajaran daring, hal ini karena adanya ketidakmampuan serta ketidaksiapan mahasiswa dalam melakukan penyesuaian terhadap tekanan maupun tuntutan pembelajaran selama pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan tingkatan gejala stress akademik yang dialami oleh mahasiswa bimbingan dan konseling universitas jambi selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa bimbingan dan konseling universitas jambi angkatan 2019, 2020, dan 2021 yang berjumlah 308 orang mahasiswa, dengan sampel sebanyak 174 orang mahasiswa. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dengan pengukuran menggunakan model skala likert. Hasil penelitian mengenai gambaran gejala stress akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling universitas jambi selama pembelajaran daring yang diperoleh dengan cara penyebaran angket kepada 174 orang mahasiswa berada pada tingkat “Sedang” dengan presentase 57,5%.
References
Adiwaty, M. R., & Fitriyah, Z. (2015). Efektivitas Strategi Penyesuaian Mahasiswa Baru Pada Proses Pembelajaran Diperguruan Tinggi (Studi Pada UPN “Veteran” Jawa Timur). Jurnal neO-Bis. Vol. 9 (1).
Azmi, A. N., dkk. (2017). Deskripsi Gejala Stress Akademik Dan Kecenderungan Pilihan Strategi Koping Siswa Berbakat. Indonesian Journal Of Educational Counseling. Vol. 2, juli 2017. ISSN: 2541-2779 e-ISSN: 2541-2787.
Barseli, M., dkk. (2017). Konsep Stress Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan. Vol. 5 (3), 2017. ISSN: 2337-6740 e-ISSN: 2337-6880. DOI: https://doi.org/10.29210/119800.
Ekawarna. (2019). Manajemen Konflik Dan Stress. Jakarta: Bumi Aksara.
Fathurrohman, M., Sulistyorini. (2012). Belajar Dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
Kholidah, E. N., & Alsa, A. (2012). Berpikir Positif Untuk Menurunkan Stress Psikologis. Jurnal Psikologi. Vol. 39 (1), juni 2012. ISSN: 2460-867x. DOI: https://doi.org/10.22146/jpsi.6967.
Oktavia, W. K., dkk. (2019). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Stress Akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. ISSN: 2715-7121.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung
Rahmi, N. (2013). Hubungan Tingkat Stres Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D – III Kebidanan Banda Aceh Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes NAD Ta. 2011/2012. Jurnal Ilmiah Stikes U’ Budiyah. Vol. 2(1).
Sofyana, L. & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Vol. 8 (1). ISSN: 2089-8673 e-ISSN: 2548-4265. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204.
Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. (2020). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Stress Akademik. Psyche 165 Journal. Vol. 13 (2), juni 2020. ISSN: 2088-5362 e-ISSN: 2502-8766.
Copyright (c) 2022 Nurafni Rosmala Dewi, Asradi, Fellicia Ayu Sekonda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.