Gambaran Gejala Stress Akademik pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring

  • Nurafni Rosmala Dewi Universitas Jambi
  • Asradi Universitas Jambi
  • Fellicia Ayu Sekonda Universitas Jambi
Keywords: Stress Akademik, Pembelajaran Daring

Abstract

Pembelajaran daring merupakan metode pembelajaran yang dilakukan secara online semenjak terjadinya pandemi covid-19 di Indonesia. Selama pembelajaran daring diberlakukan terdapat kendala maupun hambatan yang dirasakan oleh mahasiswa. sehingga terdapat mahasiswa yang mengalami stress akademik selama mengikuti pembelajaran daring, hal ini karena adanya ketidakmampuan serta ketidaksiapan mahasiswa dalam melakukan penyesuaian terhadap tekanan maupun tuntutan pembelajaran selama pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan tingkatan gejala stress akademik yang dialami oleh mahasiswa bimbingan dan konseling universitas jambi selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa bimbingan dan konseling universitas jambi angkatan 2019, 2020, dan 2021 yang berjumlah 308 orang mahasiswa, dengan sampel sebanyak 174 orang mahasiswa. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dengan pengukuran menggunakan model skala likert. Hasil penelitian mengenai gambaran gejala stress akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling universitas jambi selama pembelajaran daring yang diperoleh dengan cara penyebaran angket kepada 174 orang mahasiswa berada pada tingkat “Sedang” dengan presentase 57,5%.

References

Adiwaty, M. R., & Fitriyah, Z. (2015). Efektivitas Strategi Penyesuaian Mahasiswa Baru Pada Proses Pembelajaran Diperguruan Tinggi (Studi Pada UPN “Veteran” Jawa Timur). Jurnal neO-Bis. Vol. 9 (1).

Azmi, A. N., dkk. (2017). Deskripsi Gejala Stress Akademik Dan Kecenderungan Pilihan Strategi Koping Siswa Berbakat. Indonesian Journal Of Educational Counseling. Vol. 2, juli 2017. ISSN: 2541-2779 e-ISSN: 2541-2787.

Barseli, M., dkk. (2017). Konsep Stress Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan. Vol. 5 (3), 2017. ISSN: 2337-6740 e-ISSN: 2337-6880. DOI: https://doi.org/10.29210/119800.

Ekawarna. (2019). Manajemen Konflik Dan Stress. Jakarta: Bumi Aksara.

Fathurrohman, M., Sulistyorini. (2012). Belajar Dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Kholidah, E. N., & Alsa, A. (2012). Berpikir Positif Untuk Menurunkan Stress Psikologis. Jurnal Psikologi. Vol. 39 (1), juni 2012. ISSN: 2460-867x. DOI: https://doi.org/10.22146/jpsi.6967.

Oktavia, W. K., dkk. (2019). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Stress Akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. ISSN: 2715-7121.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung

Rahmi, N. (2013). Hubungan Tingkat Stres Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D – III Kebidanan Banda Aceh Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes NAD Ta. 2011/2012. Jurnal Ilmiah Stikes U’ Budiyah. Vol. 2(1).

Sofyana, L. & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Vol. 8 (1). ISSN: 2089-8673 e-ISSN: 2548-4265. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204.

Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. (2020). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Stress Akademik. Psyche 165 Journal. Vol. 13 (2), juni 2020. ISSN: 2088-5362 e-ISSN: 2502-8766.

Published
2022-05-09
How to Cite
Rosmala Dewi, N., Asradi, & Sekonda, F. A. (2022). Gambaran Gejala Stress Akademik pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 3(1), 1-8. https://doi.org/10.37411/jgcj.v3i1.1281