Pandangan Teori Kebutuhan Dasar Abraham Maslow dan William Glasser tentang Fenomena Flexing

  • Permata Sari Universitas Negeri Gorontalo
  • Mohamad Rizal Pautina Universitas Negeri Gorontalo
  • Mohamad Awal Lakadjo Universitas Negeri Gorontalo
  • Nur Luthfi Ardhian Universitas Negeri Gorontalo
  • Agung Prasetyo Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Flexing, Kebutuhan Dasar, Pengakuan

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi fenomena flexing yaitu perilaku menonjolkan diri dalam konteks media sosial, dengan menghubungkannya dengan pandangan kebutuhan dasar dalam teori-teori psikologi William Glasser dan Abraham Maslow. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flexing dapat dilihat sebagai cara individu memenuhi kebutuhan dasar, seperti kekuasaan, pengakuan, penghargaan diri, dan kebutuhan sosial. Penelitian ini memberikan wawasan tentang psikologi perilaku flexing dan implikasinya pada kesejahteraan psikologis individu dalam era digital. Diharapkan setiap individu bijak dalam mengabil tindakan.

References

Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari sudut pandang teori hirarki kebutuhan Maslow, teori dua faktor Herzberg, teori xy Mc Gregor, dan teori motivasi prestasi Mc Clelland. JMM17: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 2(01).
Arsyad, J. H. (2022). Fenomena Flexing di Media Sosial dalam Aspek Hukum Pidana. Jurnal Cakrawala Informasi, 2(1), 10–28.
Astuti, A. P., & Rps, A. Nu. (2018). Teknologi komunikasi dan perilaku remaja. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1).
Bakti, I. S., Anismar, A., & Amin, K. (2020). Pamer Kemewahan: Kajian Teori Konsumsi Thorstein Veblen. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 14(1), 81–98.
Chandra, E., & Mutiara, M. W. (2022). DAMPAK STIMULUS-RESPON KONSUMEN TERHADAP MARAKNYA GAYA VISUAL IKLAN FLEXING PRODUK BINOMO BUDI SETIAWAN. PROSIDING SERINA, 2(1), 471–480.
Corey, G. (2016). Theory and practice of counseling and psychotherapy, Enhanced. Cengage Learning.
Galperin, B. L., & Burke, R. J. (2006). Uncovering the relationship between workaholism and workplace destructive and constructive deviance: An exploratory study. The International Journal of Human Resource Management, 17(2), 331–347.
Mardiah, A. (2022). Fenomena Flexing: Pamer di Media Sosial dalam Persfektif Etika Islam. International Conference on Tradition and Religious Studies, 1(1), 309–319.
Maslow, A. H. (2019). A theory of human motivation. General Press.
Murjana, K. P. O., & Sinarwati, N. K. (2022). Persepsi Mahasiswa tentang Flexing dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Investasi. Jurnal Akuntansi Profesi, 13(3), 837–844.
Navy, S. L. (2020). Theory of human motivation—Abraham Maslow. Science Education in Theory and Practice: An Introductory Guide to Learning Theory, 17–28.
Nurwatie, A., Fauzia, R., & Akbar, S. N. (2016). Perspektif psikologi humanistik Abraham Maslow dalam meninjau motif pelaku pembunuhan. Jurnal Ecopsy, 1(4).
Pramudya, M. A., Wibowo, T. O., Indriani, M., Rahman, M. A. F., & Syafuddin, K. (2023). Flexing In Social Media: Between Confession And Conflict In An Islamic Perspective. Sahafa Journal of Islamic Communication, 6(1), 65–73.
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60.
Rafi, M. R. (n.d.). Conspicuous Consumption Sebagai Gaya Hidup Gen Z Pada Komunitas Motor Sportbike Addict Indonesia. Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas ….
Simamora, H. (2022). Solusi Cerdas dalam Berinvestasi. MABIS, 13(1).
William Glasser, M. D. (1974). Reality Therapy. In Harper Collins e-book. HarperCollins e-books. https://doi.org/10.1177/001112877402000312
Wubbolding, R. E. (2013). Reality therapy for the 21st century. Routledge.
Published
2023-12-02
How to Cite
Sari, P., Pautina, M. R., Lakadjo, M. A., Ardhian, N. L., & Prasetyo, A. (2023). Pandangan Teori Kebutuhan Dasar Abraham Maslow dan William Glasser tentang Fenomena Flexing . JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 4(2), 89-94. https://doi.org/10.37411/jgcj.v4i2.2764

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>