Resiliensi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo di Masa Pandemi Covid-19

  • Amalia Rizki Pautina IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Irvan Usman Universitas Negeri Gorontalo
  • Mohamad Rizal Pautina Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Resiliensi, Pandemi Covid-19, Mahasiswa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resiliensi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo sejumlah 2.309 mahasiswa dengan sampel sejumlah 231 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen resiliensi yang dianalisis dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan gambaran resiliensi mahasiswa FIP UNG yaitu: 32% mahasiswa memiliki resiliensi pada kategori tinggi, 60% mahasiswa memiliki resiliensi pada kategori sedang, dan 8% mahasiswa memiliki resiliensi pada kategori rendah. Hal ini menggambarkan bahwa mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNG memiliki resiliensi dalam kategori sedang dimana mahasiswa sudah Memiliki regulasi emosi, kontrol terhadap impuls, optimisme, kemampuan menganalisis masalah, empati, efikasi diri dan pencapaian yang cukup. Namun jika dilihat  secara spesifik, terdapat 2 indikator yang perlu ditingkatkan yaitu efikasi diri dan regulasi emosi.

ABSTRACT

This research aims to find out the picture of student resilience of the Faculty of Education, Gorontalo State University in the covid-19 pandemic. This type of research uses quantitative descriptive research. The population in this study was a student of the Faculty of Education of Gorontalo State University with a total of 2,309 students with a sample of 231 students. Data collection uses resilience instruments that are analyzed using frequency and percentage distribution formulas. The results showed a picture of resilience of FIP UNG students, namely: 32% of students have resilience in high categories, 60% of students have resilience in moderate categories, and 8% of students have resilience in low categories. This illustrates that students of the Faculty of Education UNG have resilience in the moderate category where students already have emotional regulation, control of impulses, optimism, the ability to analyze problems, empathy, self-efficacy and sufficient achievement. But if you look specifically, there are 2 indicators that need to be improved, namely self-efficacy and emotional regulation.

 

References

Buana, D.R. 2020. Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. Vol. 7, No. 3

Duffy, K.G & Atwater, E. 2005. The Psychology of Health, Illness and Medical Care. Pacific Grove, California: Brooks/Core Publishing Company.

Gunarsa, S.D & Gunarsa, Y.S. 2000. Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Handayani, G.P & Yuca, V. 2018. Fenomena Culture Shock Pada Mahasiswa Perantauan Tingkat 1 Universitas Negeri Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Vol. 6, No. 3.

Mawadah, H. 2019. Analisis Efikasi Diri pada Mahasiswa Psikologi Unimal. Jurnal Psikologi Terapan. Vol. 2 no. 2

Musabiq, A.S & Karimah, I. 2018. Gambaran Stres dan Dampaknya Pada Mahasiswa. Jurnal InSight, Vo. 20, No. 2

Sari, S., Aryansyah, J.E., & Sari, K. 2020. Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 dan Implikasinya terhadap Proses Pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. Vol. 9, No. 1

Reivich, K & Shatte, A. 2002. The Resilience Factor: 7 Essential Skill For Overcoming Life’s Inevitable Obstacle. New York: Broadway Books.

Salim, F. & Fakhrurrozi, M. 2020. Efikasi Diri Akademik dan Resiliensi pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi. Vol. 16, No. 2

Santrock, J.W. 2003. Adolescence: Perkembangan Remaja (ed. 6). Jakarta: Erlangga.

Septiani, T. & Fitria, N. 2016. Hubungan Antara Resiliensi dengan Stres pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Kedinasan. Jurnal Penelitian Psikologi. Vol. 7, No. 2

Silalahi, N. 2010. Gambaran Stres Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra Utara; Universitas Sumatra Utara, Medan. Skripsi. Tidak diterbitkan.
Published
2022-03-14
How to Cite
Pautina, A. R., Usman, I., & Pautina, M. R. (2022). Resiliensi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo di Masa Pandemi Covid-19. PEDAGOGIKA, 13(1), 16-23. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.952
Section
Articles