Pemberdayaan Konselor Sebaya Sebagai Strategi Penanganan Masalah Remaja

  • Ryan Hidayat Rafiola ryanhidaat@ung.ac.id
  • Permata Sari Universitas Negeri Gorontalo
  • Mardia Bin Smith Universitas Negeri Gorontalo
  • Ilham Khairi Siregar Universitas Negeri Gorontalo
  • Jumadi Mori Salam Tuasikal Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Konselor Sebaya; Perkembangan Remaja

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi memberikan dampak yang signifikan pada perilaku remaja. Tidak hanya dampak positif, namun dampak negatif juga diterima remaja yang belum mampu menyaring dan mengontrol diri. Untuk itu, perlu adanya strategi yang tepat untuk mendampingi remaja yang berada pada masa pubertas, salah satunya melakukan pelatihan konselor sebaya. Metode kegiatan ini menggunakan model pelatihan dan bimbingan untuk membentuk konselor sebaya di SMA Negeri 1 Poso. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pembentukan konselor sebaya dapat membantu berbagai permasalahan remaja yang tidak bisa diakses guru BK, terutama mengenai pergaulan remaja. Diharapkan pembentukan kelompok konselor sebaya menjadi model baik untuk ditiru sekolah lain..

References

Astakoni, I. M. P. (2021). PENGENALAN DAN PELATIHAN PEMANFAATAN MENDELEY DESKTOP UNTUK KALANGAN AKADEMIK DALAM MEMBUAT CITASI KARYA ILMIAH. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 1(03), 52–61.

Astuti, E., & Isharijadi, I. (2019). Pengenalan open journal system (OJS) untuk publikasi ilmiah mahasiswa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 409–414.

Darmalaksana, W. (2021). Kelas Menulis: Penguatan Kapasitas Mahasiswa dalam Penulisan Artikel Ilmiah. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W., & Suryana, Y. (2018). Korespondensi dalam publikasi ilmiah. Jurnal Perspektif, 1(2).

Firmansyah, A., Qadri, R. A., & Arham, A. (2020). Pelatihan melalui web seminar tentang kiat dan motivasi penulisan artikel hasil penelitian pada jurnal ilmiah. Intervensi Komunitas, 2(1), 22–27.

Hamid, A. R. A. H., & Widjaja, F. F. (2021). Publikasi dalam jurnal medis: sudut pandang editor. Universitas Indonesia Publishing.

Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Jabri, U., & Ismail, I. (2021). Dampak peer review dan lecturer corrective feedback pada kinerja penulisan artikel ilmiah mahasiswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 579–592.

Loucif, S., Gassoumi, L., & Negreiros, J. (2020). Considering students’ abilities in the academic advising process. Education Sciences, 10(9), 254.

Napitupulu, D., Windarto, A. P., Wanto, A., Simarmata, J., Purnomo, A., Bachtiar, E., Abdillah, L. A., Sinambela, M., Kusuma, A. H. P., & Muharlisiani, L. T. (2020). Menulis Artikel Ilmiah untuk Publikasi. Yayasan Kita Menulis.

Pranajaya, P. (2020). Pemahaman Jejak Digital Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Yarsi. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 4(1).

Pride, D., & Knoth, P. (2017). Incidental or influential?-challenges in automatically detecting citation importance using publication full texts. International Conference on Theory and Practice of Digital Libraries, 572–578.

Purwanto, A., Asbari, M., & Julyanto, O. (2021). Peningkatan Kemampuan Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal International Bereputasi Pada Mahasiswa Magister Teknik Industri UMB Angkatan 24. Journal of Community Service and Engagement, 1(01), 1–6.

Rahmawati, C., Meliyana, M., Yuliana, Y., & Zain, H. (2018). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 30–36.

Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. AKSIOLOGIYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145–150.

Published
2022-12-26
How to Cite
Hidayat Rafiola, R., Sari, P., Smith, M. B., Siregar, I. K., & Tuasikal, J. M. S. (2022). Pemberdayaan Konselor Sebaya Sebagai Strategi Penanganan Masalah Remaja. Jurnal Pengabdian Pedagogika, 1(1), 7-14. Retrieved from https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jpp/article/view/1831

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>