Program Hipotetik untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum dan menyusun rancangan program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kemandirian belajar santri Pondok Pesantren Nurul Huda Al Badrudiniyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh yang berjumlah 108 sampel remaja santri Pondok Pesantren Nurul Huda Al Badrudiniyah. Instrumen atau alat ukur yang digunakan merupakan angket kemandirian belajar yang disusun oleh peneliti dalam bentuk skala Guttman berdasarkan aspek kemandirian belajar Benson (2011). Skala kemandirian belajar nilai reabilitas (rxy) = 0,852 dan terdiri dari 30 aitem. Hasil penelitian menunjukan sebanyak 96 orang santri berada pada kategori tinggi atau 89% dan sebanyak 12 orang santri atau 11% berada pada kategori rendah. Artinya sebagian santri Pondok Pesantren Nurul Huda Albadrudiniyah memiliki kemandirian belajar yang optimal. Setelah mengetahui gambaran umum, disusunlah program layanan bimbingan dan konseling. Rekomendasi layanan yang disarankan berupa Bimbingan kelompok dengan asumsi bahwa dengan kelompok bimbingan mampu mendorong siswa untuk berpikir, merasa, menyesuaikan, bertindak dan bertanggung jawab hal ini juga direkomendasikan penelitian-penelitian sebelumnya sebagai bagian dari program bimbingan dan konseling.
References
Arumsari, C. (2016). Konseling Individual Teknik Modeling Simbolis Terhadap Peningkatan Kemampuan Kontrol diri. Jurnal konseling GUSJIJANG, 2(1).
Aulia, L.N., Susilo, S., & Subali, B. (2019) Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan edai edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5 (1), 69-78.
Begum, J. (2018). Otonomi Pelajar di Ruang Kelas EFL/ESL di Bangladesh: Persepsi dan praktik guru. Jurnal Internasional Pendidikan Bahasa, 2(2), 96-104
Fahmiah, N., & Rozali, Y.A. Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian dalam Belajar Pada Santri Pondok Pesantren Asshiddiqiyah.
Huang, L., & Lajoie, S. P. (2021). Proses analysis of teacher self-regulated learning patterns in technological pedagogical content knowledge development. Computers & Education, 166, 104169.
Lailatussaidah, Lely. 2020. Profil self awareness pada remaja (studi deskriptif mengenai self awareness pada siswa MTS se-kota Tasikmalaya. Skripsi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Nguyen, S. Van, & Habók, A. (2021). Designing and validating the learner autonomy perception questionnaire. Heliyon, 7(4), e06831. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06831.
Niswara, E.E; Setiawati, D. (2016). Penerapan Media Flash Tentang Tata Tertib Untuk Meningkatkan Pemahaman Kemandirian Santri Pondok Pesantren Al Amanah Junwangi Krian Jurnal BK Unesa.Vol 6, No 2.
Nugraha, Imaddudin. (2019). Experiential Based Counseling Untuk Meningkatan Komitmen Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Di Wilayah Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya. Vol 3 (1), pp. 36-42. ISSN (Print): 2548-1738 |ISSN (Online): 2580-7153.
Prayuda, R., Thomas, Y., & Basri, M. (2014). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8).
Ramadhan, M., & Saripah, I. (2017). Profil Kemandirian Siswa SMA Berdasarkan Urutan Kelahiran dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2), 145-162.
Sriyono, H. (2016). Program Bimbingan Belajar Untuk Membantu Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Sosio-E-Kons, 8(2), 118—131.
Sulistianingsih, S., & Widiantari, D. (2020). Konseling Kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kesadaran Pendidikan. Coution: journal of counseling and education, 1(1), 59-69.
Yusuf, S., & Nurihsan, A. J. (2014). Landasan bimbingan dan konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2023 Deratih Fauzy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.









