Pengembangan Program Bimbingan Berbasis ADDIE untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darul Mubin Kota Gorontalo

  • Meiske Puluhulawa Universitas Negeri Gorontalo
  • Irpan A. Kasan Universitas Negeri Gorontalo
  • Wenny Hulukati Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Hamid Isa

Abstract

Masalah sosial yang sering muncul pada siswa adalah ketidakmampuan siswa beradaptasi dengan lingkungan sosial yang terlihat dari masih ada siswa yang bertengkar satu sama lain, siswa membuat geng dan mengucilkan beberapa siswa, saling mengejek, dan lain sebagainya. Adanya masalah sosial pada Madrasah Ibtidaiyah Darul Mubin Kota Gorontalo diasumsikan bahwa kecerdasan sosial siswa rendah, disinyalir bahwa program pengembangan diri siswa termasuk pengembangan dalam aspek sosial belum tersusun dengan baik dan belum dapat mengembangkan kecerdasan sosial siswa secara optimal. Dalam mengembangkan program bimbingan dan konseling perlu diperhatikan model pengembangannya guna memastikan kualitas program dalam menunjang efektifitas program untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa. Program bimbingan semestinya disusun berdasarkan kebutuhan siswa. Salah satu desain pengembangan yang sering digunakan adalah ADDIE Model melalui 5 tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Proses pengembangan berbasis ADDIE memerlukan pengujian tim ahli, subyek penelitian secara individu, skala terbatas maupun skala luas (lapangan) dan revisi guna penyempurnaan produk akhir sehingga sehingga produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria produk yang baik, teruji secara empiris dan tidak ada kesalahan-kesalahan lagi. Dengan menggunakan model ADDIE penelitian ini telah menghasilkan produk berupa program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Mubin Kota Gorontalo yang telah tervalidasi ahli.

Kata Kunci: Pengembangan Program Bimbingan, Kecerdasan Sosial, Model ADDIE

References

Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.

Faliyandra, F. (2019). Konsep Kecerdasan Sosial Goleman dalam Perspektif Islam (Sebuah Kajian Analisis Psikologi Islam). Jurnal Intellegensia, Vol 7 No 2. Hal 1-24.

Hayati, E. (2019). Kecerdasan Sosial pada Siswa Tingkat SD Homeschooling Surya Nusantara di Yogyakarta. (Tesis, Program Magister Pendidikan Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta). Diakses dari: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38700/1/17204080052_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Mizan, S. (2016). Pengembangan Modul Kecerdasan Sosial Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN Sukoharjo 2 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara Volume 1 Nomor 2 Januari 2016. Halaman 97-108.

Mutia, S. (2021). Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Disekolah. Intelektualita, 7(01).

Mustopa, M. (2023). Kecerdasan Sosial Anak MI Mambaul Ulum Rejomulyo Kota Kediri Yang Di Asuh Orang Tua Dengan Pendidikan Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Rahim, M., Usman, I., Puluhulawa, M. (2017). Kecerdasan Sosial dan Prestasi Belajar Siswa (Tinjauan dari Persfektif Bimbingan dan Konseling Belajar). In PROCEEDING SEMINAR DAN LOKAKARYA NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2017 (pp. 311-320).

Rahim, M., Puluhulawa, M. (2018). Pengembangan Panduan Bimbingan Dan Konseling untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 4(2).

Ramadani, D., Herdi, H. (2021). Studi Kepustakaan Mengenai Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Perencanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 42-52.

Rustandi, A. (2021). Penerapan model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57-60.

Robbiyah, Ekasari, D., Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Research & Learning in Early Childhood Education Vol 2 No 1 Page 76 – 84.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research dan Development. Bandung: Alfabeta

Suhertina. (2015). Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah.Pekanbaru: CV. Mutiara Pesisir Sumatra

Swari, I. D. A. I. (2022). PENGEMBANGAN INSTRUMEN SELF-EFFICACY DAN KECERDASAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SD (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Widada. (2013). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Jilid 1, Nomor 1, April 2013, hlm. 65-75

Zakiah, L. (2020). Hubungan Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 32(1), 30-52.
Published
2023-06-27
How to Cite
Puluhulawa, M., Kasan, I. A., Hulukati, W., & Isa, A. H. (2023). Pengembangan Program Bimbingan Berbasis ADDIE untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darul Mubin Kota Gorontalo . JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 4(1), 45-55. https://doi.org/10.37411/jgcj.v4i1.2344