Pengembangan Program Bimbingan Berbasis ADDIE untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darul Mubin Kota Gorontalo
Abstract
Masalah sosial yang sering muncul pada siswa adalah ketidakmampuan siswa beradaptasi dengan lingkungan sosial yang terlihat dari masih ada siswa yang bertengkar satu sama lain, siswa membuat geng dan mengucilkan beberapa siswa, saling mengejek, dan lain sebagainya. Adanya masalah sosial pada Madrasah Ibtidaiyah Darul Mubin Kota Gorontalo diasumsikan bahwa kecerdasan sosial siswa rendah, disinyalir bahwa program pengembangan diri siswa termasuk pengembangan dalam aspek sosial belum tersusun dengan baik dan belum dapat mengembangkan kecerdasan sosial siswa secara optimal. Dalam mengembangkan program bimbingan dan konseling perlu diperhatikan model pengembangannya guna memastikan kualitas program dalam menunjang efektifitas program untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa. Program bimbingan semestinya disusun berdasarkan kebutuhan siswa. Salah satu desain pengembangan yang sering digunakan adalah ADDIE Model melalui 5 tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Proses pengembangan berbasis ADDIE memerlukan pengujian tim ahli, subyek penelitian secara individu, skala terbatas maupun skala luas (lapangan) dan revisi guna penyempurnaan produk akhir sehingga sehingga produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria produk yang baik, teruji secara empiris dan tidak ada kesalahan-kesalahan lagi. Dengan menggunakan model ADDIE penelitian ini telah menghasilkan produk berupa program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Mubin Kota Gorontalo yang telah tervalidasi ahli.
Kata Kunci: Pengembangan Program Bimbingan, Kecerdasan Sosial, Model ADDIE
References
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.
Faliyandra, F. (2019). Konsep Kecerdasan Sosial Goleman dalam Perspektif Islam (Sebuah Kajian Analisis Psikologi Islam). Jurnal Intellegensia, Vol 7 No 2. Hal 1-24.
Hayati, E. (2019). Kecerdasan Sosial pada Siswa Tingkat SD Homeschooling Surya Nusantara di Yogyakarta. (Tesis, Program Magister Pendidikan Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta). Diakses dari: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38700/1/17204080052_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Mizan, S. (2016). Pengembangan Modul Kecerdasan Sosial Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN Sukoharjo 2 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara Volume 1 Nomor 2 Januari 2016. Halaman 97-108.
Mutia, S. (2021). Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Disekolah. Intelektualita, 7(01).
Mustopa, M. (2023). Kecerdasan Sosial Anak MI Mambaul Ulum Rejomulyo Kota Kediri Yang Di Asuh Orang Tua Dengan Pendidikan Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.
Rahim, M., Usman, I., Puluhulawa, M. (2017). Kecerdasan Sosial dan Prestasi Belajar Siswa (Tinjauan dari Persfektif Bimbingan dan Konseling Belajar). In PROCEEDING SEMINAR DAN LOKAKARYA NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2017 (pp. 311-320).
Rahim, M., Puluhulawa, M. (2018). Pengembangan Panduan Bimbingan Dan Konseling untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 4(2).
Ramadani, D., Herdi, H. (2021). Studi Kepustakaan Mengenai Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Perencanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 42-52.
Rustandi, A. (2021). Penerapan model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57-60.
Robbiyah, Ekasari, D., Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Research & Learning in Early Childhood Education Vol 2 No 1 Page 76 – 84.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research dan Development. Bandung: Alfabeta
Suhertina. (2015). Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah.Pekanbaru: CV. Mutiara Pesisir Sumatra
Swari, I. D. A. I. (2022). PENGEMBANGAN INSTRUMEN SELF-EFFICACY DAN KECERDASAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SD (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Widada. (2013). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Jilid 1, Nomor 1, April 2013, hlm. 65-75
Zakiah, L. (2020). Hubungan Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 32(1), 30-52.
Copyright (c) 2023 Meiske Puluhulawa, Irpan A. Kasan, Wenny Hulukati, Abdul Hamid Isa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.









