Deskripsi Perilaku Bullying pada Siswa di Sekolah Dasar
Abstract
Perilaku bullying dikalangan peserta didik begitu marak terjadi saat ini, baik secara verbal maupun non verbal. Teridentifikasi perilaku bullying yang terjadi dimana siswa mengejek teman, memanggil teman dengan gelar, memukul teman dengan sengaja dan berulang-ulang. Menyakiti teman karena terlihat lemah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran perilaku bullying yang terjadi pada siswa di SDN 03 Muaro Petai. Populasi berjumlah 65 siswa kelas IV-VI. Penarikan sampel dengan teknik total sampling. Sampel berjumlah 65 siswa. Metode penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket dengan skala likert fenomena perilaku bullying dikalangan siswa yaitu berupa angket yang terdiri dari 32 butir pernyataan. Hasil penelitian diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian diperoleh menunjukan bahwa perilaku bullying di SDN 03 Muaro Petai sebanyak 12 orang (18,5%) berada pada kategori tinggi. Selanjutnya 38 orang peserta didik (58%) berada pada ketegori sedang, dan 15 orang peserta didik (23%) berada pada ketegori rendah)
References
Adiyono dkk (2022) ‘Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying’, Al Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3).
Aini, D. F. N. (2018). Self Esteem Pada Anak Usia Sekolah Dasar Untuk Pencegahan Kasus Bullying. Jurnal Pemikiran Pengembangan . Https://Doi.Org/10.22219/Jp2sd.V6i1.5901.
Arif, A. Z., & Setiyowati, A. (2017). Else (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 1, 160–174.
Ahmad, N. M., & Rasid, N. (2023). Penggunaan Teknik Konseling Diadik Dalam Mengidentifikasi Bentuk Perilaku Bullying Siswa Kelas Xi Ipa 1 Madrasah Aliyah Negeri 2 Halmahera Utara. Edukasi, 21(2).
Anggraini, D. S., Azizah Heru, M. J., Jatimi, A., Munir, Z., & Rahman, H. F. (2020). Efektivitas Self Efficacy Mengahadapi Bullying Di Sekolah. Https://Doi.Org/10.36082/Qjk.V14i2.108.
Aswat, H., Kasih, M., Ode, L., Ayda, B., & Buton, U. M. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Bentuk Perilaku Bullying Di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9105–9117.
Bete, M. N., & A. (2023). Peran Guru Dalam Mengatasi Bullying Di Sma Negeri Sasitamean Kecamatan Kabuapaten Malaka. Jurnal Ilmu Pendidikan (Jip), 8(1).
Diannita, Annisya., Salsabela, Fina., Wijiati, Leni., Putri Anngun. M.S. 2023. Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education Research. 4 (1).
Dewi, P. Y. A. (2020) ‘Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar’, Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), pp. 39–48.
Firmansyah, F. A. (2022). Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3), 205. Https://Doi.Org/10.18592/Jah.V2i3.5590.
Fitriawan Arif Firmansyah (2021) ‘Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar’, Jurnal Al Husna, 2(3), pp. 205–216.
Geldard, Kathryan. 2012. Konseling Remaja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hartika Sari Butar Butar, Y. K. (2022) ‘Persepsi Pelaku Terhadap Bullying dan Humor’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1).
Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika Dan Aplikasi. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 8(1), Xx–Xx. Https://Doi.Org/10.1007/Xxxxxx-Xx-0000-00.
Hopeman, T. A., Suarni, K., & Lasmawan, W. (2020). Dampak Bullying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar). Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(Vol 4, No 1 (2020)), 52–63.
Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., Agistiawati, E., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun Karakterasuh Orang Tua Berdasarkan Genetic Personality. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(1), 75–86.
Mujtahidah. (2018). Analisis Perilaku Pelaku Bullying Dan Upaya Penanganannya (Studi Kasus Pada Siswa Man 1 Barru). Indonesian Journal Of Educational Science (Ijes), 1(1), 25–31. Https://Doi.Org/10.31605/Ijes.V1i1.128.
Nursyhabudin, M. O., Rusmini, H., Supriyati, S., & Herlina, N. (2021). Hubungan Pola Asuh
Orang Tua Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Sma Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun 2019. Psikologi Konseling, 19(2), 1203. Https://Doi.Org/10.24114/Konseling.V19i2.31593.
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1245–1251. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V9i3.5400.
Purnaningtias, F., Aika, N., Al Farisi, M. S., Sucipto, A., & Putri, Z. M. B. (2020). Analisis Peran Pendidikan Moral Untuk Mengurangi Aksi Bully Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 42–49. Https://Doi.Org/10.36379/Autentik.V4i1.51.
Ramadhanti dan Muhamad Taufik Hidayat (2022) ‘Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 6(3), pp. 4566–4573.
Septiyuni, D. A., Budimansyah, D., & Wilodati, W. (2015) ‘Pengaruh Kelompok Teman Sebaya (peer group) Terhadap Perilaku Bullying Siswa di Sekolah’, SOSIETAS, 5(1).
Suhendri, M. D., Syahfitri, D., & Mchtar, M. (2022) ‘Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MTS Swasta Islamiyah Al-Falah Pangkalan Brandan’, Khazanah: Journal of Islamic Studies, pp. 1–12.
Utami, T. W., Astuti, Y. S., & Livana, P. (2019). Hubungan Kecemasan Dan Perilaku Bullying Anak Sekolah. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 2(1), 1–6.
Copyright (c) 2024 Wira Solina, Ricky Wahyudi, Fuaddillah Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.









