Komunikasi efektif dalam pengasuhan anak usia dini di era digital di TK Mahira Insani Lampung Selatan

  • Tri Dewantari
  • Hetty Anggarini STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung
  • Nureva STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung
  • Dwi Aprilianto STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung
  • Rachmat Doddy Ariesna STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung
Keywords: Komunikasi Efektif;, Pengasuhan, Parenting, Anak Usia Dini

Abstract

Penggunaan perangkat digital semakin marak dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di kalangan anak usia dini. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait komunikasi yang efektif dalam pengasuhan anak usia dini di TK Mahira Insani Lampung Selatan. Komunikasi yang efektif merupakan suatu hal yang penting dalam pengasuhan anak usia dini. Melalui komunikasi, orang tua dan guru dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan anak, memahami perasaan anak, dan membangun hubungan baik dengan anak. Hasil yang diharapkan adalah meningkatnya pemahaman orang tua dan guru tentang komunikasi yang efektif di era digital, serta terjalinnya kolaborasi yang lebih baik antara keluarga dan sekolah

References

Chandra, R. M., Sudjianto, M. K., & Adriana, E. (2023). Faktor-Faktor Komunikasi (Yang Perlu Dimiliki) Generasi Z Dalam Mempersiapkan Karir. Student Research Journal, 1(3), 372–384.

Hermoyo, P. (2015). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Inten, D. N. (2017). Pengembangan keterampilan berkomunikasi anak usia dini melalui metode bermain peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120.

Lase, A., Lase, D., Laia, O., & Buulolo, N. A. (2023). Korelasi antara pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman kerja dengan kinerja pegawai di Kantor Pengadilan Negeri Gunungsitoli. Tuhenori: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 1–10.

Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Ilmi, A. R. M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, & Saputra, A. M. A. (2023). Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam menghadapi tantangan mengajar guru di era digital. Journal on Education, 6(1), 2689–2698.

Purba, B., Gaspersz, S., Bisyri, M., Putriana, A., Hastuti, P., Sianturi, E., Yuliani, D. R., Widiastuti, A., Qayyim, I., & Djalil, N. A. (2020). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar. Yayasan Kita Menulis.

Rahayu, N. S., Elan, E., & Mulyadi, S. (2021). Analisis penggunaan gadget pada anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 202–210.

Rum, E. P. (2024). ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI DI MA MUHAMMADIYAH ERENG-ERENG. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 264–272.

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan media sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.

Septiani, R. D. (2021). Pentingnya komunikasi keluarga dalam pencegahan kasus kekerasan seks pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 50–58.

Published
2024-12-31
How to Cite
Dewantari, T., Anggarini, H., Nureva, Aprilianto, D., & Ariesna, R. D. (2024). Komunikasi efektif dalam pengasuhan anak usia dini di era digital di TK Mahira Insani Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian Pedagogika, 3(01), 1-7. Retrieved from https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jpp/article/view/3617