Pengaruh Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru

  • Ibrahim Ibrahim Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Rinda Rahwani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Sumatera Selatan
  • Kemas Badaruddin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Sumatera Selatan
Keywords: Aplikasi Raport Digital, Kinerja Guru

Abstract

Aplikasi Raport Digital (ARD) merupakan sistem aplikasi berbasis web yang diharapkan bisa mempermudah guru dalam melakukan penilaian kepada peserta didik bahkan sampai ke cetak raport dan evaluasi nilai hasil belajar peserta didik. Perkembangan ini merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas mutu pendidikan. Kinerja guru merupakan salah satu kunci agar sekolah semakin berkembang dan produktif. Kinerja guru dipengaruhi berbagai faktor dan pendukung diantaranya rapor online sebagai aplikasi pengolahan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan Aplikasi Raport Digital dengan kinerja guru serta seberapa besar hubungan Aplikasi Raport Digital terhadap kinerja guru di UPT SMA Negeri 2 Penukal Abab Lematang Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan metode sampel jenuh yaitu 62 sampel. Pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan uji-t dengan bantuan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Penggunaan Aplikasi Raport Digital terhadap Kinerja Guru di UPT SMA Negeri 2 Penukal Abab Lematang Ilir. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis, dimana nilai thitung lebih dari nilai ttabel. Nilai korelasi antara X dan Y dijelaskan oleh Variabel X dan sekitar 30,8%, dimana variabel independen (Penggunaan ARD) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (kinerja guru) sebesar 30,8%.

References

Kemendikbud. Panduan eRaport Kemendikbud SMA
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 6003 tahun 2018 tentang Juknis Bimtek ARD Madrasah.
Panduan Pengerjaan Aplikasi raport Digital ARD untuk guru dan Operator dalam https://www.emissimpatikazone.com/2018/11/panduan-aplikasi-raport-digital-ard.html.
Roekminiati, Sri. Evaluasi terhadap Pelayanan Rapor Digital di SMP Negeri 12 Surabaya. Surabaya: UNS.
Widoyoko, Eko Putro. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Abdul Majid. (2014). Implementasi Kurikulum 2013, Kajian Teoretis dan Praktis. Bandung: Interes Media.
Ilmi, Bahrul. 2020. Problematika Penggunaan Aplikasi Raport Digital (ARD) Oleh Wali Kelas Di MI TPI Keramat Banjarmasin Timur. Universitas Islam Negeri Antasari. Banjarmasin Banjarmasin
Kusmianto. (1997_. Panduan Penilaian Kinerja Guru Oleh Pengawas. Jakarta: Erlangga.
Permendikbud. 2013. Peraturan menteri pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Sunarti, Selly Rahmawati. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Subari. (1994). Supervisi Pendidikan. Jogjakarta: Bumi Aksara.
Published
2022-01-30
How to Cite
Ibrahim, I., Rahwani, R., & Badaruddin, K. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru . PEDAGOGIKA, 13(1), 1-15. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1128
Section
Articles