Pengembangan Media Wayang Fantasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun

  • Pangestika Regita Pramesti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Epritha Kurnia Wati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Anik Lestariningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: anak usia 5-6 tahun, kemamapuan bercerita,, media wayang fantasi,

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti terkait pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan dalam mengembangkan kemampuan bercerita anak masih banyak menggunakan bahan dari pembelian pabrik, serta boneka yang ada disekolah saja. Hal ini menjadi bahan kajian peneliti ingin mengembangkan media yang lebih menarik berdasarkan kebutuhan anak sehingga anak tidak bosan. Tujuan penelitian ini mengembangkan media pembelajaran wayang fantasi untuk mengembangkan kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah Research and Development  mengacu pada prosedur penelitian milik Borg and Gall dengan tahapan yang dipilih oleh peneliti empat tahapan yaitu; (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain. Penyusunan instrument merupakan pengembangan validasi materi dan validasi ahli dimana subjek yang digunakan dalam penelitian di TK Labschool UNP Kediri.  Analisis data pada penelitian pengembangan ini menggunakan rumus Aiken untuk menentukan kelayakan dan kemenarikan produk hasil pengembangan yakni berupa wayang fantasi, kemudian dianalisis kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan yang diperoleh adalah hasil validasi desain media wayang fantasi   dinyatakan layak dengan hasil nilai 97,6%. Rekomendasi yang diberikan berdasarkan masukan validator sebaiknya diujicobakan produk untuk bisa melihat lagi tahapan keefektifan langsung pada anak usia dini.

References

Ahmad Zaki, Diyan Yusri. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618

Darmayanti, P., Tegeh, I. M., & Ujianti, R. (2017). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Media Boneka Wayang Terhadap Kemampuan Bercakap-Cakap Anak Kelompok B Di Tk Widya Sesana Sangsit 2016/2017. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 5(3), 336–347.

Dew, C. I. R. K., Wiyasa, I. K. N., & Suniasih, N. W. (2016). Penerapa Metode Bercerita Menggunakan Media Wayang Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2), 43–53.

Effendi, R. (2020). MODEL PEWAYANGAN SOLUSI MERANGSANG DAYA BERCERITA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN “BAGAN ALUR” UNTUK MENUMBUHKAN MINAT MENULIS SISWA PADA MATERI “TEKS CERITA FANTASI.” JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA, 5(1), 54–59. https://doi.org/10.32696/jp2bs.v5i1.414

Erick, M. C. J., Miranda, G., Sandra, D., Argueta, E., Wacher, N. H., Silva, M., Valdez, L., Cruz, M., Gómez-Díaz, R. A., Casas-saavedra, L. P., De Orientación, R., Salud México, S. de, Virtual, D., Instituto Mexicano del Seguro Social, Mediavilla, J., Fernández, M., Nocito, A., Moreno, A., Barrera, F., … Faizi, M. F. (2016). PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA WAYANG PERCA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MORAL ANAK KELOMPOK B3 DI TK PKK SENDANGAGUNG MINGGIR SLEMAN. Revista CENIC. Ciencias Biológicas, 152(3), 28. file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.

Febriyanti, W. S., Studi, P., Islam, P., Usia, A., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2019). WAYANG HURUF DI KELOMPOK B TK ISLAM KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG.

Lestaningrum, A., & Jayanti, R. D. (2019). Penggunaan Media Wayang Godong Dalam Menanamkan Karakter Menghargai Pada Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 15. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.8112

Purwanto, A., Octavia, E. R., & Adi, S. P. (2021). WAYANG GODHONG SEBAGAI MEDIA EDUKASI CINTA BUDAYA DAN ALAM SEJAK USIA DINI. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 200–208. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4081

Widayati, W. (2017). Penggunaan Media Wayang untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Pendek. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(1), 43. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i1.23

Widianto, E. (2017). MEDIA WAYANG MINI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAGI PEMELAJAR BIPA A1 UNIVERSITAS EZZITOUNA TUNISIA. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1757

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Published
2022-04-10
How to Cite
Pangestika Regita Pramesti, Epritha Kurnia Wati, & Anik Lestariningrum. (2022). Pengembangan Media Wayang Fantasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun. PEDAGOGIKA, 13(1), 44-50. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1274
Section
Articles