Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa

  • Saadatun Nikmah Universitas Negeri Semarang
  • Maria Theresia Sri Hartati Universitas Negeri Semarang
Keywords: Konsentrasi, Belajar, Intensitas, Media Sosial, Instagram

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat konsentrasi belajar siswa dan intensitas penggunaan media sosial instagram pada siswa di SMPN 13 Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu kuantitatif dan desain yang digunakan yaitu ex post facto dengan populasi yang berjumlah 256 siswa kelas 8 SMPN 13 Semarang. Kemudian teknik sampling yang digunakan yaitu stratified random sampling sehingga diperoleh sampel sejumlah 160 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala konsentrasi belajar dan angket intensitas penggunaan media sosial instagram. Validitas uji coba menggunakan product moment dengan menggunakan rumus alpha, sedangkan rumus reliabilitas yang digunakan yaitu rumus Cronbach’s alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi belajar dan intensitas penggunaan media sosial instagram berada dalam kategori tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi terdapat nilai 0,011 < 0,05 dan nilai T hitung -2,584 < T tabel 1,654555, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif intensitas penggunaan media sosial instagram terhadap konsentrasi belajar dengan besarnya pengaruh 4,1%.

Published
2022-04-09
How to Cite
Saadatun Nikmah, & Theresia Sri Hartati , M. (2022). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa . PEDAGOGIKA, 13(1), 35-43. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1291
Section
Articles