Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat konsentrasi belajar siswa dan intensitas penggunaan media sosial instagram pada siswa di SMPN 13 Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu kuantitatif dan desain yang digunakan yaitu ex post facto dengan populasi yang berjumlah 256 siswa kelas 8 SMPN 13 Semarang. Kemudian teknik sampling yang digunakan yaitu stratified random sampling sehingga diperoleh sampel sejumlah 160 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala konsentrasi belajar dan angket intensitas penggunaan media sosial instagram. Validitas uji coba menggunakan product moment dengan menggunakan rumus alpha, sedangkan rumus reliabilitas yang digunakan yaitu rumus Cronbach’s alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi belajar dan intensitas penggunaan media sosial instagram berada dalam kategori tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi terdapat nilai 0,011 < 0,05 dan nilai T hitung -2,584 < T tabel 1,654555, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif intensitas penggunaan media sosial instagram terhadap konsentrasi belajar dengan besarnya pengaruh 4,1%.
Copyright (c) 2022 Saadatun Nikmah, Maria Theresia Sri Hartati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.