Meningkatkan Hasil Belajar Bidang Pengembangan Melalui Metode Bermain Peran Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning

  • Dasta Samad TK Negeri 1 Pembina Parepare
Keywords: Hasil Belajar, Mertode Bermain, Cooperative Learning

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar bidang pengembangan melalui metode bermain peran dengan model pembelajaran cooperative learning di TK Negeri Pembina 1 Parepare. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative learning melalui penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar anak didik, Prosentase ketuntasan belajar anak didik mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada evaluasi sebelum perbaikan pembelajaran ada 12 anak didik atau 52% dari 23 anak didik. Pada perbaikan pembelajaran siklus I meningkat, anak didik yang nilainya 75 keatas menjadi 16 atau 69% dari jumlah 23 anak didik dan pada perbaikan siklus II menjadi 22 anak didik atau 96%.

References

Andayani, dkk. 2010, Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta, Universitas Terbuka.
Aswani, Zaenul, 2004, Tes dan Asesmen di SD, Jakarta, Universitas Terbuka.
Denny, Setyawan, 2005, Komputer dan Media Pembelajaran, Jakarta, Universitas Terbuka.
Gatot, Muhsetyo, Drs. M.Sc, dkk, 2007, Pembelajaran BIDANG PENGEMBANGAN, Jakarta, Universitas Terbuka.
Mulyani Sumantri, Nana Syaodih. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta, Universitas Terbuka.
Samsudin, Abin, 2004, Profesi Keguruan 2, Jakarta, Universitas Terbuka.
Suciati, Drs. Dkk, 2004, Belajar dan Pembelajaran 2, Jakarta, universitas Terbuka.
Wardani, I.G.A.K, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Universitas Terbuka.
Wahyudi Duin, Supaiyati, Ishak, Abduhak, 2001, Pengantar Pendidikan, Jakarta, Universitas Terbuka.
Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd, Buku Bidang Pengembangan untuk TK Kelompok B, Jakarta, Esis.
Pranaja S dkk, Buku Fokus Bidang Pengembangan untuk TK Kelompok B, Jakarta, Sindutama.
Published
2022-04-19
How to Cite
Samad, D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Bidang Pengembangan Melalui Metode Bermain Peran Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning. PEDAGOGIKA, 13(1), 84-101. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1302
Section
Articles