Pelaksanaan E-learning Pada Masa Covid-19 di Fakultas Ilmu Pendidikan

  • Buyung Hamza Hunto Universitas Negeri Gorontalo
  • Yakob Napu Universitas Negeri Gorontalo
  • Icam Sutisna Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pelaksanaan e-learning, masa pandemi covid-19

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)  Pelaksanaan e-learning pada masa pandemi covid-19 di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri dimulai sejak adanya Surat Edaran Rektor Universitas Negeri Gorontalo pada Bulan Maret 2020. Pelaksanaan e-learning dilaksanakan di semua Jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan. Siat ung sebagai Learning Manajemen System dan penggunaan aplikasi. Alokasi waktu pelaksanaan e-learning berlangsung paling minimal selama satu jam dan maksimal sesuai dengan kesepakatan dosen dan mahasiswa. Kos atau rumah merupakan tempat yang digunakan oleh mahasiswa ataupun dosen untuk melakukan perkuliahan secara e-learning. Diskusi secara e-learning sama seperti dengan proses diskusi perkuliahan secara tatap muka. Pelaksanaan e-learning pada masa pandemi covid-19 di Fakultas Ilmu Pendidikan dilakukan secara sinkronus dan asinkronus. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut dalam hal pelaksanaan evaluasi, kebermanfaatan dan tujuan pembelajaran dalam pelaksanaan e-learning. 2) Faktor penghambat  pelaksanaan e-learning pada masa pandemi covid-19 yakni berupa kualitas jaringan internet yang tidak baik, mahasiswa yang tidak mememiliki laptop dalam mengerjakan tugas kuliah dan orang tua mahasiswa yang mengajak bekerja saat perkuliahan berlangsung dan faktor pendukung yakni menyiapkan infrastruktur perkuliahan e-learning berupa akun zoom meeting premium dan bantuan paket data. Selain itu peningkatan kemampuan dosen menjadi hal lain yang mendukung terlaksananya perkuliahan secara e-learning.

References

Amadea, K. & Ayuningtyas, M. D. 2020. Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Sinkronus dan Asinkronus pada Materi Linear. Jurnal Primatika Volume 9, Nomor 3, Desember 2020. Di unduh dari 30 Maret 2021 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/inde x.php/primatika/article/download/3 66/214/.

Ega Altania, Sungkono. 2021. Pelaksanaan Moodle di Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 11 IPA. Jurnal EPISTEMA. Vol. 2 No. 02 (Oktober 2021).

Hani, Abdul. 2020. Strategi Penggunaan E-learning sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Agriwidaya, Volume 1 No. 3

Hanum, Numiek. 2013. Keefektifan E-learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Porwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1, Februari 2013, 90-102.

Mortadlo, Mohammad Ali & Kibtiyah, Asriana. 2021. Pengajaran Pendidikan Agama Islam dengan Model E-learning pada Masa Pandemi Covid-19. Risalah Jurnal Pendidikan dan Stdui Islam. Vol. 7, No 2. P-ISSN: 2085-2487: E-ISSN: 2614-3275

Siregar, Evelin. 2007. Pengembangan Belajar Berbasi Aneka Sumber (BEBAS). Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 15 Th. VIII

Surjono, Dwi Herman. 2010. Membangun Course E-learning Berbasis Moodle.Yogjakarta: UNY Press.

Surjono, Dwi Herman. 2013. Membangun Course E-learning Berbasis Moodle.Yogjakarta: UNY Press

Published
2022-08-30
Section
Articles