Hubungan Lingkungan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket B

  • Firman Hulukati Universitas Negeri Gorontalo
  • Rusdin Djibu Universitas Negeri Gorontalo
  • Icam Sutisna Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Lingkungan belajar, motivasi belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan lingkungan belajar dimasa pandemi covid-19 dengan motivasi peserta didik paket B. penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara lingkungan belajar dimasa pandemi covid-19 dengan motivasi belajar peserta didik paket B di SKB Kota Gorontalo. Penelitian dilaksanakan di SKB Kota Gorontalo. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik angket yang terdiri dari dua variabel, dan analisis menggunakan analisis uji validitas, uji reabilitas, normalitas dan serta pengujian hipotesis yaitu perhitungan uji signifikansi. Hasil penelitian mengenai hubungan antara lingkunganbelajar dimasa pandemi covid-19 dengan motivasi belajar peserta didik paket B.Hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung>Ttabel=4,3232>2,035 (signifikan), ternyata nilai Thitung lebih besar dari Ttabel (Thitung>Ttabel) menunjukan bahwa H0 diterima. Maka dapat disimpulkan pada tingkat kepercayaan 0,05 terdapat hubungan antara  lingkungan belajar dimasa covid-19 dengan motivasi belajar peserta didik Program paket B di SKB Kota Gorontalo.

References

Arianto, (2018). Hubungan Lingkungan dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa MTs Al Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah. Tesis. Lampung: Program Pascasarjana IAIN Metro.

Depdiknas. (2003).Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah. (2015). Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Dimmiyati, Mudjiono. Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta :Rineka Cipta.

Hsb, Abd Aziz (2018) Kontribusi Lingkungan Belajar Dan Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolash. Jurnal Tarbiyah, Universitas Islam Negeris Syarif Hidayahtullah, Jakarta, Indonesia.

Otavian. Ira (2015). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Daerah Binaan 1 Kecamatan Limpung Kabupaten Malang. Skripsi Program Pendidikan Sekolah Dasar. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang pendidikan.

Published
2022-08-31
Section
Articles