Upaya Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Program Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sweet Media
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didi program Paket C di PKBM Sweet Media Kota Gorontalo. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti dapat dikemukakan bahwa terdapat 5 poin penting dalam Upaya tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik program paket C di PKBM Sweet Media Kota Gorontalo yaitu sebagai berikut: (1) Memperjelas tujuan yang ingin dicapai, (2) Membangkitkan minat belajar peserta didik, (3) Menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, (4) Berilah pujian terhadap keberhasilan peserta didik, dan (5) berilah penilaian. Hendaknya tutor dapat meningkatkan kualitas belajar peserta didik dengan memberikan motivasi yang membuat peserta didik tetap semangat dalam belajar dan tutor juga harus bisa berkomunikasi dua arah dari tutor dan Peserta Didik sehingga pembelajaran lebih menyenangkan.
References
Abdullah, Pelia, ATA Ummyssalam Duludu, and Icam Sutisna. 2022. "Deskripsi Karakteristik Pembelajaran Orang Dewasa Pada Program Paket C Di SKB Kota Gorontalo." Student Journal of Comunitty Education 31-41.
Alamsyah, Dodi, Lippi Pangestu, and Yus Darusman. 2022. "Manajemen Program Kesetaraan Paket C ." Journal Sosisal Humaniora dan Pendidikan 39-46.
Bayena, K, I Haris, and A Suking. 2020. "Evaluasi Kinerja Pada Tutor." PascaSarjana Universitas Negeri Gorontalo 1-11.
Damanik, Rabukit. 2021. "Meningkatkan Motivasi Belajar." Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 10.
Emda, A. 2017. "Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran." Lantani dan Journal 93-196.
Ina , Faisal, Mohamad Zubaidi , and Rapi Djuko. 2022. "Pengelolaan Program Paket C diSKB Kota Gorontalo." SJCE 115-120.
Mudjiono, dimyati dan. 2009. “Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Peserta Didik” 97-99.
Prima, Wacana CV. 2007 (183-187). “Psikologi Pembelajaran” . Bandung.
Samantha, R, and D Almalik. 2013. "Upaya Tutor Dalam Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Mandiri pada Peserta Didik Paket C di PKBM Pelita Pratama Bandung." STIKIP Sliwangi 4-5.
Sanjaya, Wina. 2017. "Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran." Lantanida Journal 93-196.
Sulistiyani, Cahya, D Hidayat , and Syahid. 2021. "Peran Tutor dalam Menumbuhkan Motivasi belajar Bagi Peserta Didik Paket C Di PKBM Rini Handayani Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi." P-ISSN 108-115.
Sutisna, A. 2016. "Pengembangan Model Pembelajaran dalam Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar." Journal Teknologi Pendidikan 161.
Syahrudin, Ahmad, Adjid Madjid, and Lulu Yuliani. 2019. "PENERAPAN KONSEP
ANDRAGOGI OLEH TUTOR KESETARAAN PAKET C DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK." Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS .
Tahir, M, H MA, and m muhlis. 2020. "Manajemen Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C Pusat Belajar Masyarakat Amanah Ummat Makassar ." KIMAP 48.
Yusmasari, Devi, Bahar Aswandi, and Widiastuti. 2019. "TUTOR EFFORTS IN IMPROVING LEARNING MOTIVATION." Education courses outside of school.
							
							
