Profil Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Patriotik Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Profil Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Patriotik Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan Profil Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Patriotik Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango meliputi, penyelenggaraan lebih dari satu program PAUD yaitu SPS dan TK. Pembelajarannya menggunakan kurikulum 2013 tematik kolaborasi merdeka belajar dengan memadukan pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini. Pelaksanaannya masih memiliki kendala terutama keaktifan peserta didik, sarana prasarana sudah memadai kurang dimanfaatkan.
References
Ansori, Yoyo Zakaria. 2020. “Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 6(1):177–86. doi: 10.31949/educatio.v6i1.308.
Avanti Vera Risti P. (2017). Buku Ajar Pembelajaran Terpadu. 1–57.
Dan, Singkil, Smas Hidayatullah, and Kota Subulussalam. 2021. “(Journal Research and Education Studies).” 1(2):62–71.
Rahimah. 2022. “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan.” 92–106.
Rahman, Misran. 2021. Bimbingan Teknis Penguatan Akreditasi Kepada Pengelola Dan Pendidik Paud Di Kabupaten Bone Bolango.
Supena, A., Nuraeni, S., Soedjojo, R. P., Maret, W., Paramita, D., Rasyidi, C., & C, S. D. (2018). Pedoman penyelenggaraan pendidikan anak usia dini inklusif. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 21, 30.
Setiyowati, E., Rahman, M., Ardhian, N. L., & Ibrahim, M. (2023). Family Development Session as An Effort To Empower The Community in The Family Hope Program Gorontalo City. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(3), 850-858.
Sawaku, N., & Anu, Z. (2020). Nilai Pendidikan Pada Pengasuhan Orang Tua Tunggal Di Kota Gorontalo. Jambura Journal of Community Empowerment, 61-68.
							
							
