Kompetensi Pamong Belajar Dalam Bidang Informasi Teknologi (IT) Di SKB Kota Gorontalo

  • Harun Hidayat Halid Universitas Negeri Gorontalo
  • Ummyssalam A.T.A Duludu Universitas Negeri Gorontalo
  • Icam Sutisna Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Kompetensi, IT, Pamong Belajar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kompetensi pamong belajar dalam bidang informasi teknologi (IT) di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik snowbal dengan mengambil beberapa sampel dari hasil wawancara. Dalam wawancara terdapat empat pokok bahasan yaiitu: mengoperasikan komputer, mengolah kata, mengolah lembar kerja dan grafik, serta membuat presentasi bahan hajar. Sebagai subjeknya pamong belajar di SKB Kota Gorontalo yang berjumlah 24 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, dari 23 pamong belajar di SKB Kota Gorontalo, 7 pamong belajar dapat mengoperasikan komputer sedangkan 16 pamong belajar belum dapat mengoperasikan komputer khususnya pada program office.

References

Alase, Abayomi. 2017. The Interpretative Phenomenological Analysis (IPA): A Guide to a Good Qualitative Reseach Approach. International Journal of Education and Literacy Studies, Vol. 5 No. 2, April 2017

Luluk Atirotu Zahroh. 2014. Peningkatan Profesionalisme Guru Raudhatul Athfal. Tulungagung: Jurnal Ta’alum Vol. 2 No 2, Institut Agama Islam Negri Tulungagung).

Niarsa, A. (2013). Studi Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) DI SD Negeri 01 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Universitas Negeri Semarang.

Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165–176.

Sugiyono. 2014.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung:Alfabeta.

Suprihatiningrum Jamil.2014. Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Published
2021-08-02
Section
Articles